Palangka Raya Expos55.com Kontingen Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengikuti Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) Tahun 2022 resmi dilepas di halaman rumah jabatan Sekretaris Daerah Nuryakin di kawasan Jl. MH. Thamrin, Sabtu 2 Juli 2022.

Pelepasan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin mewakili Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran. Acara pelepasan turut disaksikan Ketua Kontingen PeSONas Kalteng Jambi D. Nudin, dan turut disaksikan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng, Iswahono serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaefudi.

PeSONas merupakan ajang bagi anak-anak bertalenta khusus penyandang tunagrahita untuk mengembangkan diri khususnya di bidang olahraga. Ajang olahraga yang digelar oleh Special Olympics Indonesia ini akan dihelat di Kota Semarang Jawa Tengah, dari tanggal 3-8 Juli 2022 dan memperlombakan 4 cabang olahraga antara lain atletik, tenis meja, renang dan bocce. Indonesia saat ini berada di urutan ke-37 special Olympics dunia.

Kontingen PeSONas Kalteng yang akan bertanding berjumlah 25 orang terdiri dari 14 atlet, 4 pelatih, 6 official dan 1 ketua kontingen. Kontingen berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Pulang Pisau.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya mengucapkan selamat mengemban tugas yang diberikan dan dipercayakan kepada Kontingen PeSONas Kalteng, semoga dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam event yang dihadapi,” ungkap Gubernur melalui Sekda Nuryakin dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Tambun Bungai ini juga berharap agar seluruh kontingen dapat menjaga nama baik Kalimantan Tengah, karena mereka bukan saja membawa nama pribadi tetapi membawa nama Daerah. “Mari bangun semangat dan rasa percaya diri, saya yakin saudara-saudara mempunyai potensi besar untuk menjadi yang terbaik,” pesan gubernur.

Dia juga meminta seluruh pelatih, pembina dan official menjaga dan memelihara kesehatan dan stamina sehingga siap bertanding dengan kondisi prima. Gubernur melalui Sekda Nuryakin menekankan bersatu dan bekerjasama menjadi modal utama dalam mencapai tujuan.

“Jadikan kegiatan ini pemersatu yang mempererat kebangsaan, menjaga fairplay dan menyambung silaturahmi dengan saudara-saudara kita sebangsa dengan semangat Isen Mulang dan Huma Betang di manapun berada tetap kita junjung,” pesan gubernur.

Sementara itu, Ketua Kontingen PeSONas Kalteng Jambi D. Nudin menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yang telah memberikan dukungan kepada kontingen PeSONas Kalteng sehingga bisa berpartisipasi dalam event nasional.

“Alhamdulilah pak, Special Olympics atlet kita sudah berprestasi, tahun 2002 kita mengirim 2 orang atlet ke Amerika Serikat dan berhasil membawa dua medali emas. Kemudian kita kirim ke Yunani 3 orang, ada mendapat medali juga, kemudian ke Australia pernah, tahun 2015 ke Yunani mendapat emas juga dari Provinsi Kalimantan Tengah,” terang Jambi D. Nudin.

Dia bertekad kehadiran Kontingen PeSONas Kalteng bisa berkontribusi mencapai prestasi di tingkat nasional. Kontingen direncanakan akan bertolak ke Semarang melalui bandar udara Syamsudin Noor Banjarmasin esok hari. Turut hadir dalam acara pelepasan antara lain para pengurus Special Olympics Kalteng.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here