Kalsel Expos55.com Setelah tiga bulan melewati rangkaian seleksi, Winda Juniar, finalis asal Banjarmasin resmi dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kalimantan Selatan tahun 2021, di Banjarmasin, Sabtu (26/6/2021).

Penganugerahan dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar pada malam Grand Final Putri Pariwisata Kalsel yang digelar di salah satu hotel di Banjarmasin.

Roy berharap, Putri Pariwisata Kalsel terpilih mampu mengenalkan potensi wisata yang ada di Banua, apalagi pariwisata di Kalsel memiliki potensi yang menarik dan tidak kalah dari daerah lain.

“Karena ini masih di masa pandemi, kita juga berharap Putri Pariwisata terpilih dan finalis lainnya tetap mempromosikan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya, sehingga pelaksanaan kegiatan pariwisata di Banua tetap berjalan dengan baik dan kesehatan masyarakat juga terjaga,” ucap Roy.

Senada dengan Sekretaris Daerah Kalsel, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin mengatakan tugas promosi pariwisata sejatinya tidak hanya diemban oleh Putri Pariwisata Kalsel terpilih, namun juga finalis lainnya yang telah mengikuti pemilihan.

“Mereka yang telah menjadi finalis Putri Pariwisata Kalsel tahun ini merupakan wanita-wanita yang hebat. Kita berharap perjuangan mereka mempromosikan pariwisata Banua tidak berhenti di sini, tapi terus dilakukan kedepannya, agar pariwisata kita bisa lebih berkembang lagi,” tutur Syarifuddin.

Dia juga berharap, peran serta dari Putri Pariwisata Kalsel bisa meningkatkan minat wisatawan, tidak hanya lokal tapi juga mancanegara.

“Jadi, ke 17 wanita yang terpilih ini harus terus menggaungkan dan menggali potensi apa saja yang bisa meningkatkan sektor pariwisata di Banua,” ujar Syarifuddin.

Sementara Putri Pariwisata terpilih, Winda Juniar, menuturkan dirinya tidak menyangka bakal terpilih sebagai pemenang Putri Pariwisata Kalsel tahun 2021.

“Saya nggak nyangka bisa sampai sejauh ini dan terpilih sebagai Putri Pariwisata Kalsel tahun 2021. Semua ini tidak lepas dari dukungan keluarga dan teman-teman yang sudah berbaik hati mengajarkan dan meminjamkan berbagai macam keperluan untuk saya berlatih,” ujar Winda.

Sebagai Putri Pariwisata Kalsel terpilih, Winda pun telah menyiapkan sejumlah langkah yang akan dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Kalimantan Selatan. Salah satunya adalah mempromosikan melalui media sosial.

“Karena ini masih di tengah pandemi langkah yang paling aman itu kita promosikan melalui sosial media. Selain aman, dengan sosial media kita juga bisa menjangkau wisatawan lokal maupun nasional,” imbuh Winda.

Sebagai warga Kota Seribu Sungai, Winda berencana akan menonjolkan wisata susur sungai dan wisata fauna hewan endemik Kalsel sekaligus ikon Kota Banjarmasin yakni Bekantan.

“Karena kita dikenal Kota Seribu Sungai, jadi saya ingin menonjolkannya, dan juga hewan ikonik Kalimantan Selatan yakni Bekantan. Selain itu juga potensi wisata yang lain, yang masih belum banyak diketahui masyarakat luas,” kata.

Pemilihan Putri Pariwisata Kalsel tahun 2021 yang dimulai sejak 26 Maret lalu berhasil menjaring 17 finalis, terdiri dari 9 peserta hasil audisi kabupaten/kota dan 8 peserta lainnya hasil audisi umum.

(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here