Palangkaraya expos55.com Aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara tidak jarang menimbulkan sejumlah permasalahan. Salah satu masalah adalah kurangnya perhatian terhadap warga yang menjadi penduduk di sekitar lokasi perusahaan, seperti yang dialami beberapa desa binaan RING 1 dan RING 2 di Kecamatan Lahei, Barito Utara,Kalimantan Tengah (Kalteng)

Kepala Desa Bengahon Everyady dan Kepala desa Juju Baru Titelman membenarkan perkataan Camat Lahei Rusehan yang dibeberkan sewaktu Musrembang kemaren bahwa PT.Tamata Perkasa itu pelit dengan CSRnya.

Titelman mengatakan, desanya yang dihuni warga 415 KK dengan jumlah penduduk 1168 orang merupakan desa binaan RING 2 PT. Tamtama Perkasa, namun desanya belum pernah menerima CSR.

“Kami pernah mengajukan bantuan untuk transportasi angkutan bagi anak-anak sekolah SDN 2 Juju Baru, tapi belum juga terealisasi, pihak PT. Tamtama Perkasa hanya mengangkut anak sekololah bila kebetulan melintas saja,” ucap Titelman disela-sela  musrenbang kemaren

Salin itu Everyady juga mengatakan,” Selama PT.Tamtama Perkasa beroperasi Sampai sekarang ini warganya tidak Menerima namanya CSR padahal Desa Bengahon termasuk (RING 1) diantara tiga (3) Desa, Desa Muara Pari,Desa Rahaden dan Muara Inu ,”Ucap Everyadiy Selasa(18/02/20)

“Emang benar PT.Tamtam Perkasa menerima pegawai Desa kami Desa Bengahon kalau Sepengatahuan saya yang namanya CSR itu membantu pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi desa- desa binaannya dan membantu pemerintah dimana mereka beroperasi bukan penerimaan pegawai,kalau penerima pegawai itu kan emang kebutuhannya bukan CSR,”Ucapnya lagi

Everyady juga menyampaikan, jika tidak ada pembenahan maka pemerintah desa dan warga masyarakat desa Bengahon dalam waktu dekat akan melakukan aksi menggugat PT.Tamtama Perkasa, karna perusahaan Ini  tidak menjalankan kewajiban CSRnya.

“yang paling saya kecewa, pembebasan lahan yang belum juga di lakukan,  malah desa lain yang sudah ada di bebaskan padahal Desa Bengahon juga Desa binaan RING 1,”pungkas Everyady.(Dyat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here