Banjarbaru Expos55.com Perhelatan akbar Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) XVI Papua 2021, Sabtu (13/11) resmi ditutup langsung Presiden RI Joko Widodo.

Hasilnya tuan rumah Papua berhasil menjadi juara umum dengan meraih total 295 medali, dengan rincian 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu.

Angka ini mengungguli Jabar yang berada di posisi kedua dengan 110 emas, 92 perak, dan 75 perunggu. Jawa Tengah berada di urutan ketiga dengan 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Dan yang paling membanggakan adalah posisi keempat ditempati Provinsi Kalimantan Selatan dengan rincian medali, 41 emas, 43 perak dan 47 Perunggu.

Untuk skala regional di Pulau Kalimantan, Kalsel tercatat satu satunya daerah yang berhasil masuk empat besar nasional peraih medali terbanyak.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat dikonfirmasi mengungkapkan syukur mendalam atas keberhasilan tim dan para atlet Perpanas Kalsel hingga mengharumkan nama baik daerah.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh para atlet, dan pelatih atas perjuangan hebat, meski di tengah keterbatasan bisa meraih prestasi gemilang. Kami semua bangga dan salut,” kata Sahbirin, Minggu (14/11/2021).

Ia memuji semangat dan perjuangan para atlet Perpanas 2021 hingga mampu menyabet peringkat empat daerah peraih medali terbanyak.

“Kami mengapresiasi perjuangan tanpa kenal lelah seluruh atlet meski di tengah segala keterbatasan,” ujarnya.

Pariano, peraih emas untuk cabang angkat berat di Perpanas Papua, atas nama atlet mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Proviisi Kalsel, khususnya Gubernur Kalsel yang menurutnya sangat peduli.

“Beliau tidak hanya memberikan semangat atau pembinaan, tapi juga mengerti keinginan para atlet,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua National Paralympic Comitte (NPC) Kalimantan Selatan Ahmad Firdaus, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel dan seluruh pihak atas perhatian nyata kepada seluruh tim dan atlet hingga mampu meraih prestasi terbaik.

Untuk diketahui penyambatuan kedatangan rombongan Atlet NPC Kalsel oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Syaiful Ashari, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah dan jajaran pegawai Dispora Kalsel.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here