Paringin Expos55.com Dalam upaya mempermudah pelayanan kepada publik, Kepolisian Resort (Polres) Balangan luncurkan mobil Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, mengatakan launching SKCK Keliling tersebut bertujuan untuk memudahkan bagi masyarakat pemohon SKCK. Khususnya yang rumah tinggalnya jauh dari Polres Balangan maupun Polsek seperti di Kecamatan Tebing Tinggi.

“Kalau seandainya dari pemohon SKCK yang lupa membawa persyaratan seperti lupa membawa map bisa dibantu dan tidak dipungut biaya, misalkan lupa membawa fotocopy KTP maupun fotocopy KK yang merupakan syarat mutlak pembuatan SKCK ini juga bisa dibantu karena di mobil SKCK keliling juga dilengkapi mesin fotocopy,” kata Zaenal di Paringin, Kamis.

Selain itu juga, lanjut Kapolres, semua gratis alias tidak dipungut biaya dan semuanya ini demi kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Di sisi lain, Kapolres Balangan sangat mengapresiasi Satuan Intelkam Polres Balangan yang telah melakukan terobosan atau inovasi terkait pelayanan publik yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Inovasi mobil SKCK Keliling ini akan berkeliling ke tempat yang selama ini tidak pernah terjangkau dalam pelayanan publik SKCK. Ini karena wilayah Kabupaten Balangan cukup luas,” bebernya.

Untuk memberikan pelayanan di wilayah yang cukup luas ini, imbuhnya, tentunya membutuhkan inovasi di antaranya pelayanan SKCK sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Bagaimana melayani masyarakat Balangan sehingga mempermudah proses pembuatan SKCK dan waktu yang dibutuhkan untuk masyarakat dalam pembuatan SKCK ini terpotong dengan baik.

Serta pihaknya juga mengurangi waktu agar tidak langsung bertemu, jadi masyarakat yang melaksanakan kegiatan hariannya baik berkebun atau bekerja sebagai PNS dan lain sebagainya, itu hanya menunggu dari wilayahnya nanti akan didatangi oleh petugas Kepolisian.

“Ini juga disinkronkan dengan database kriminal dari Mabes Polri dan data aplikasi e-Sanggam, untuk pengaplikasian e-Sanggam ini seluruhnya berjumlah sebanyak 4000an warga yang telah memakai aplikasi ini,” pungkasnya.

Diketahui, untuk sementara dilaksanakan dalam waktu satu minggu sekali dan sambil pihaknya lakukan analisa evaluasi mana yang perlu dibenahi serta diperbaiki. Pada intinya akan memberikan suatu yang positif kepada masyarakat Balangan dengan berkeliling ketiap kecamatan yang ada di Balangan.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here