Palangka Raya Expos55.com Komandan Korem 102/Pjg, Brigjen TNI Putrajaya meresmikan  launching  Kampung Pancasila BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) di kampung Sidomulyo,  Kelurahan Tahai Jaya, kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka  Raya pada Sabtu (2/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, S. Sos., unsur FKPD Kalteng, Kapolresta Palangka Raya, Kasrem 102/Pjg, para Kasi Kasrem, para Dan/Ka Balak Aju/Korem, Wadan Yonif R 631/Atg, Camat Bukit Batu dan unsur Muspika, Lurah Tahai Jaya dan perangkatnya serta para tamu undangan.

Komandan Korem 102/Pjg, Brigjen TNI Putrajaya,  menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah  melestarikan dan membumikan nilai-nilai Pancasila dengan mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami patut  bangga dan bersyukur, dengan  kehadiran kampung Pancasila BERKAH ini banyak membawa manfaat bagi kita semua. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pancasila sebagai ideologi negara terlahir dari nilai-nilai yang ada dalam masyarakat indonesia. Pancasila haruslah dibumikan dalam arti harus diamalkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga nilai-nilai Pancasila sangat penting karena sejak masa reformasi ada indikasi  nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur akibat penetrasi global yang sangat massif dan terbuka melalui jaringan digital serta  derasnya arus tatanan baru yang terbungkus dalam ideologi transnasional. Untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan dengan  pendekatan langsung kepada masyarakat,  berupa pembentukan kampung Pancasila BERKAH. Kata berkah ini, diharapkan dapat lebih membumi dan menyatu secara utuh dan bulat di Kalteng, sejalan dengan visi Gubernur Kalteng, untuk mewujudkan Kalteng makin BERKAH yaitu Bermartabat, Elok, Religius,  Kuat,  Amanah dan Harmonis”, jelas Danrem.

Danrem juga berharap, dengan dibentuknya Kampung Pancasila BERKAH ini, masyarakat lebih saling bertoleransi sesama umat, untuk bekerja bersama dalam semangat  gotong royong, menciptakan kerukunan hidup umat beragama.
Untuk mewujudkan perubahan menuju Kampung Pancasila BERKAH diperlukan kerja keras dan sinergi dalam *Satu Frekuensi* segenap komponen masyarakat,  TNI /Polri dan  pemerintah daerah.

“Dengan diresmikannya Kampung Pancasila BERKAH di kampung Sidomulyo ini, diharapkan kampung ini mampu
menjadi inspirasi, teladan  dan contoh bagi kampung lainnya. Pada hari ini juga diresmikan Kampung Pancasila Berkah di seluruh Kodim jajaran Korem 102/Pjg”, tandas perwira tinggi dengan bintang satu di pundaknya.

Sementara itu di tempat yang sama, Staf ahli Gubernur bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, S. Sos., menyatakan,”Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah sangat mengapresiasi kampung Pancasila BERKAH yang diinisiasi Korem 102/Pjg. Adapun hasil yang diharapkan dengan adanya kampung Pancasila BERKAH ini adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat, proses interprestasi, internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila yang akan membentuk pribadi yang unggul”, tandasnya.

Rangkaian acara launching kampung Pancasila BERKAH diawali jelajah wilayah bersama komunitas penggemar trail, Supermotor Indonesia, dilanjutkan  acara seremonial dan pembagian sembako bagi masyarakat yang  kurang mampu.
(Penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here