Palangka Raya Expos55.com Pesantren kilat selama ini merupakan salah satu kegiatan yang seringkali digelar sekolah- sekolah di Kota Palangka Raya dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadan. Lalu, bagaimana kegiatan pesantren kilat di Ramadan 1443 Hijriah tahun ini yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Muhammad Aswani mengatakan, kegiatan pesantren kilat Ramadan sejauh ini merupakan program tersendiri dari masing-masing sekolah.

“Kami dari Dinas Pendidikan, menyerahkan sepenuhnya ke masing-masing sekolah yang sudah memiliki program pesantren kilat Ramadan. Apakah dilaksanakan atau tidaknya kegiatan pesantren,”ungkapnya, Jumat (8/4/2022).

Disampaikan Aswani, pada pelaksanaan Ramadan ditahun 2022 ini, setidaknya ada beberapa sekolah yang tetap melaksanakan kegiatan pesantren kilat Ramadan secara terbatas.

“Iya, ada beberapa sekolah tingkat SMP sederajat yang menyelenggarakan pesantren kilat Ramadan ini. Seperti SMP Islam Nurul Ihsan, SMP Islam Terpadu Al Ghazali dan SMP Islam Darusallam,”sebutnya.

Pesantren kilat Ramadan itu sendiri kata dia, sebagai aktualisasi kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk membangun karakter anak didik menjadi karakter yang baik dalam hal penguatan keimanan.

Adapun terlepas dari itu jelas Aswani, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya lebih menekankan agar sekolah yang melaksanakan PTM terbatas, dapat memberikan penguatan bagi peserta didik tentang pendidikan karakter menuju profil pembelajaran Pancasila.

“Jadi selama Ramadan ini, sekolah mulai jenjang PAUD hingga SMP yang melaksanakan PTM terbatas, ditekankan menjalankan program pembelajaran karakter dan penanaman nilai Pancasila,”bebernya.

Menurut Aswani, ditekankannya pendidikan karakter menuju profil pembelajaran Pancasila bagi peserta didik tersebut, sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Nomor 420/703/870.Um-Peg/III/2022 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di bulan Ramadan.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here