Banjarmasin Expos55.com Dalam rangka memperkenalkan kesenian Banjar di tingkat Nasional salah satunya Seni Tari, Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Kalsel bidang Kebudayaan menggelar Seni Budaya Kalsel.

Pagelaran ini diselenggarakan pada 12 hingga 14 November yang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Kalsel.

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso mengatakan pagelaran ini diadakan setiap tahunnya.

“Jadi di tahun ini untuk sanggar yang tampil di TMII ada 2 yaitu Sanggar Seni Nuansa Kota Banjarmasin dan Sanggar Seni Karamunting Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan ini dalam rangka mengisi event Seni Budaya yang dilakukan oleh TMII kepada seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

“Untuk Kalsel Sendiri menampilkan Tari “Salikuran” dan “Tilah Paring” oleh Sanggar Seni Karamuntin dan Tari “Pat Kupati” oleh Sanggar Seni Nuansa,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk penampilan ini bisa dilihat dengan 2 cara, yaitu offline dan online.

“Jadi pada saat pagelaran berlangsung, untuk tamu yang boleh melihat secara langsung itu terbatas, tetapi penampilan tersebut bisa juga disaksikan di Youtube,” tuturnya.

Sunjaya berharap dengan penampilan tari ini dapat memperkenalkan tarian yang dimiliki oleh Kalsel.

“Setidaknya masyarakat di luar Kalsel bisa mengetahui bahwa kita memiliki banyak jenis tarian yang bisa dinikmati dan mempunyai ceritanya masing-masing,” pungkasnya.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here