Kalsel Expos55.com Pemprov Kalsel melakukan penandatanganan MoU dengan PT Pasifik Global Investment terkait program pembangunan infrastruktur.

Sebelum dilakukan penandatanganan, Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira menjelaskan beberapa projek-projek strategis yang ada di Kalsel.

“Yang pertama projek jembatan yang nantinya menghubungkan antara kotabaru dengan pulau laut,” ucapnya di Banjarbaru, Jumat (2/7/2021).

Selanjutnya ada jalur lalu lintas dari Banjarbaru ke Batulicin, yang merupakan jalur jalan yang akan membantu menghubungkan perekonomian lebih cepat lagi.

“Jalan ini akan dibangun sepanjang 157 km dan ini akan mengurangi sekitar 93 km dari 250 km dari jalan sebelumnya atau memangkas hingga 1 jam lebih. Untuk dana sendiri memakan biaya sekitar Rp14,3 triliun,” tuturnya.

Selain itu, ada juga projek pembangunan jalur kereta api dari Tanjung ke Banjarmasin sepanjang 219 km.

“Pembangunan jalur kereta api ini direncanakan akan dibangun 17 stasiun dan tidak hanya untuk penumpang tapi juga angkutan barang,” kata Fajar.

Ia menambahkan, untuk pembangunan pelabuhan trisakti baru nantinya didukung kawasan industri terpadu mantuil dengan biaya Rp220 miliar untuk pelabuhan dan kawasan industri Rp2 triliun.

Selain itu juga ada pembangunan Pusat jantung terpadu yang akan dibangun di RSUD ulin dengan total biaya Rp175 miliar.

“Dengan pembangunan ini, masyarakat di Kalsel tidak perlu lagi pengobatan jantung di Jakarta ataupun di Surabaya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengatakan kesepakatan ini merupakan sesuatu hal yang luar biasa untuk pembangunan Kalsel.

“Kami dari legislatif mendukung penuh hal yang dilakukan Pemprov Kalsel serta pelaksanaan MoU ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan,” ujar Supian.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyampaikan setelah penandatanganan MoU ini agar dapat segera terealisasi dan tercapai perjanjian kesepakatan kerjasama dengan PT Pasifik Global Investment.

“Harapan kita tidak hanya MoU, tapi juga nantinya kesepakatan kerjasama yang lebih konkrit demi tercapainya pembangunan yang lebih cepat,” tukasnya

(MC Kalsel/red)k

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here