BATULICIN Expos55.com Memerangi Covid-19 di Kabupaten Tanahbumbu, Pemerintah daerah menggelar salat Dhuha secara serentak di semua desa, Kamis (22/7/2021) pukul 09.00 wita.

Pelaksanaan perdana dipimpin langsung Bupati dr HM Zairullah Azhar di Desa Wonorejo Kecamatan Satui, sementara semua Kepala SKPD serentak disebar ke 49 desa lainnya.

Gerakan ini diharapkan bisa memerangi Covid-19 dengan mengerahkan doa dan zikir bersama di 144 desa dan 5 kelurahan.

Pelaksanaannya ada 3 hari yakni Kamis, Jumat dan Senin.

Gerakan serentak oleh Pemerintah Daerah ke desa-desa yakni melaksanakan salat Dhuha 4 rakaat, tadarus Alquran, Zikir, salawatan dan tausiah.

Kegiatan itu serempak dilaksanakan di 49 desa tahap pertama, yang dipimpin seluruh kepala SKPD di desa-desa yang ada di 4 kecamatan Satui, Angsana, Satui, dan Kuranji.

Tonggak pertama gerakan Zikir dan doa itu dilaksanakan di Desa Wonorejo Kecamatan Satui, dihadiri Kepala Desa Wonorejo, Sarjimin.

Zairullah juga berharap dengan upaya tersebut, bisa mencegah penyebaran covid di Bumi Bersujud.

“Kita belajar dari Negera Bruinei Darussalam, yang 0 covid. Apa yang mereka diamalkan yakni seperti yang kita kerjakan saat ini, ini ikhtiar kita,” katanya.

Salat dhuha yang dilanjutkan dengan zikir dan doa, dilakukan sebagai langkah setelah dilakukannya pencegahan di antaranya operasi yustisi dan vaksinasi.

Jadi ini memberikan edukasi dan kegiatan ini akan dilanjutkan oleh desa dengan program Tanahbumbu menuju serambi madinah,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanbu, Samsir, yang turut mendampingi Bupati Tanbu itu mengatakan kegiatan gerakan untuk perangi Covid-19 tersebut untuk hari pertama dilaksanakan di 4 kecamatan yakni Satui, Angsana, Sungai Loban dan Kuranji.

Sementara pada Jumat (23/7/2021) akan dilaksanakan di 4 kecamatan sebanyak 50 desa dan Senin (26/7/2021) juga akan dilaksanakan di 4 kecamatan sebanyak 50 desa.

“Ini salah satu bentuk ikhtiar kita. Selain silaturahmi pa Bupati, dan salah satu bentuk ikhtiar dengan berdoa dan berharap wabah covid segera berakhir, sisi lain salat dhuha diberikan rahmat dan rejeki dan Pemda sekaligus mensosialisasikan terkait bahaya Covid-19.

Karena dilihat akhir-akhir ini ada varian delta, ada lagi varian baru, upaya pemda memberikan pemahaman untuk selalu ketika beraktivitas dengan menerapkan 3M.

“Dengan imbauan ini diharapkan kesadaran masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dan menggelar salat dhuha, zikir dan doa,” tandasnya.

(bpost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here