Expos55.com Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah saja, melainkan perlu dukungan dari semua pihak.

“Seperti keberadaan para penyuluh pertanian, diharap dapat pro aktif membantu mensosialisasikan dan memberikan edukasi pencegahan karhutla,” ungkapnya,Senin (21/6/2021).

Fairid menilai, keberadaan para penyuluh pertanian itu sangat efektif dalam memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dini karhutla.

“Ini perlu dilakukan penyuluh. Semisalkan saat memberikan penyuluhan bagi para petani, dapat disisipi edukasi bahwa membuka lahan baru bercocok tanam tak harus dengan cara membakar saat musim kemarau,” tukasnya.

Sejatinya tambah Fairid, peran penyuluh pertanian sangat penting. Terutama dalam memantau sektor pertanian dari segi teknis bercocok tanam, sampai memberi solusi atas permasalahan ataupun kendala yang dihadapi para petani.

“Penyuluh ini adalah orang-orang teknis yang mampu memecahkan permasalahan pertanian. Sehingga sangatlah wajar penyuluh berperan penting dalam ketahanan pangan suatu daerah,”ujarnya.

Terlepas dari itu, Fairid berharap agar kelompok-kelompok pertanian di Kota Palangka Raya dapat memahami, ketika ada larangan membakar lahan saat musim kemarau diberlakukan.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here