Expos55.com  Palangka Raya – Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng Erlin Hardi selaku Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng membacakan sambutan Ketua Satgas Oksigen Prov. Kalteng dalam acara Penyerahan Hibah Oksigen Cair dari Sinar Mas Group kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/8/2021).

“Saat ini kita masih menghadapi pandemi global Covid-19 dimana Pemerintah Republik Indonesia sampai dengan saat ini masih menetapkan statusnya sebagai bencana nasional non alam. Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang organ pernapasan/paru disamping organ lainnya. Pasien banyak yang mengalami gangguan pernapasan pada kriteria sedang, berat dan kritis, sangat membutuhkan terapi oksigenasi, sehingga ketersediaan oksigen sangat diperlukan,” ucapnya.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, termasuk di dalamnya Pemerintah Daerah, bersama dengan Lembaga Usaha dan Masyarakat. Dalam perkembangannya saat ini lebih populer dikenal dengan konsep pentahelix, yaitu Pemerintah, Lembaga Usaha, Masyarakat/Komunitas Masyarakat, Lembaga Penelitian/Perguruan Tinggi dan Media Massa. Adanya sinergitas kolaborasi pentahelix, dalam hal ini dari lembaga usaha kembali dapat kita saksikan bersama dalam upaya penanganan covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah melalui hibah oksigen cair yang diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam beberapa minggu yang kita lewati, kebutuhan oksigen yang digunakan untuk pelayanan terhadap masyarakat yang dirawat di rumah-rumah sakit sungguh luar biasa. Kita berpacu dengan waktu dalam upaya untuk terus menjaga pasokan oksigen sehingga layanan di rumah-rumah sakit tidak sampai mengalami gangguan yang berarti,“ sambungnya.

“Tim Satgas Oksigen Provinsi Kalimantan Tengah dan di bawah Komando Bapak Gubernur Kalimantan Tengah melakukan upaya untuk mencukupi kebutuhan oksigen tersebut, salah satunya melalui CSR dari lembaga usaha, yang pada kesempatan ini diserahterimakan bantuan Oksigen Cair dari PT. Sinarmas Grup sebanyak 12.000 kg/12 ton kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Bantuan oksigen ini direncanakan akan memenuhi kebutuhan rumah-rumah sakit yang merawat pasien covid-19. PT. Sinarmas Grup rencananya akan melakukan 3 kali pengiriman oksigen cair,“ tuturnya.

“Dengan adanya hibah oksigen cair yang diberikan Sinar Mas Group pada pagi ini, maka hal tersebut semakin memperkuat sistem layanan kesehatan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga semakin memantapkan sistem layanan kesehatan kita. Oleh karena itu, mewakili Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Sinar Mas Group atas hibah oksigen yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,“ tutupnya.
(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here