expos55.com, Kobar – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Serah Terima Bantuan Benih Padi Lokal Unggul Varietas Inpari 32 dan Herbisida pada Selasa (31/8). Kegiatan ini penyerahan bantuan ini telah dilaksanakan selama seminggu, mulai tanggal 26-31 Agustus 2021. Bantuan ini diperoleh dari dana APBD Pemerintah Daerah melalui Dinas TPHP dan dilaksanakan oleh Bidang Tanaman Pangan.

Bantuan benih padi Varietas Unggul Inpari 32 dan Herbisida ditujukan kepada 7 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di 4 Kecamatan di Kabupaten Kobar. Dalam pelaksanaannya, Tim pelaksana Bidang Tanaman Pangan didampingi oleh masing-masing Koordinator BPP saat menyerahkan Bantuan Benih Padi Unggul dan Herbisida.

Diketahui keseluruhan bantuan ialah 2.625 kg Benih Padi Varietas Unggul Inpari 32 dan 420 L Herbisida. Masing-masing Poktan mendapatkan 375 kg Benih Padi Varietas Unggul Inpari 32 dan 60 L Herbisida. Keseluruhan luas lahan yang dikelola ialah 105 Ha, masing-masing poktan mengelola 15 ha luas lahan.

Kegiatan Penyerahan Bantuan Benih Padi Unggul ini didasari oleh permintaan daripada petani itu sendiri pada tahun 2020 yang mana menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan pada tahun 2021. Dinas TPHP menjadi media penyalur bagi para petani untuk memenuhi kebutuhan dalam lingkup pertanian dan demi menunjang produktivitas petani khususnya di Kabupaten Kobar.

Petani sangat berterimakasih dengan terpenuhinya permintaan benih padi unggul, tentunya produktivitas juga akan meningkat dan berkualitas. “Dengan adanya bantuan dari pemerintah, kami para petani pastinya akan menghasilkan padi yang berkualitas,” kata Kodir selaku Ketua Poktan Sumber Rejeki di Desa Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng.

 

 

(dtphp kobar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here