Expos55.com Palangka Raya – Banyaknya organisasi, lembaga, komunitas, organisasi kesiswaan maupun kemahasiswaan di Kota Palangka Raya yang menggalang dana untuk korban bencana banjir, mematik perhatian kalangan anggota DPRD setempat.

“Tentu kita mengapresiasi tingginya rasa kepedulian banyak pihak dalam meringankan beban warga yang terdampak banjir. Hanya saja keinginan mulia tersebut harus dibarengi dengan mengantongi perizinan dan legalitas yang jelas,”tegas Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya M. Hasan Busyairi, Senin (20/9/2021).

Hasan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, telah mengingatkan agar pihak-pihak yang ingin menggalang dana atau donasi untuk korban bencana banjir, wajib mengantongi izin dari Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Intinya, setiap kegiatan atau aktivitas penarikan dana sumbangan harus ada izin pemerintah. Terutama permohonan izin melalui Dinas Sosial,”tambahnya.

Pada sisi lain Hasan menuturkan, Komisi C DPRD Kota Palangka Raya jauh sebelumnya telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Sosial, dimana dijelaskan setiap penggalangan dana harus
harus mengantongi rekomendasi dari Dinas Sosial untuk selanjutnya diterbitkan izin oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sementara masih dari keterangan pihak Dinas Sosial, izin melakukan penggalangan dana biasanya tidak lebih dari satu minggu.

“Kita lihat sekarang ini, banyak sekali elemen masyarakat yang melakukan pengumpulan donasi dijalan protokol. Nah, tidak ada salahnya dinas terkait mengontrol kelapangan untuk memantau dan mengecek legalitas penarikan donasi,”cetusnya.

Menurut Hasan, pentingnya mengontrol atau turun kelapangan untuk memantau dan mengecek legalitas penarikan donasi, tidak lain guna menepis anggapan tentang kekhawatiran penyalahgunaan dari aktivitas penggalangan dana tersebut.

“Selagi sesuai prosedur dan pemanfaatannya betul-betul untuk warga yang terkena bencana, tentu harus kita dukung. Sejatinya kepedulian adalah menunjukkan empati kita kepada sesama sehingga rasa persaudaraan akan terus terjaga dengan baik,”pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here