Expos55.com  Palangka Raya – Peraturan Wali Kota (Perwali) Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes) dalam rangka percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan okonomi, menjadi dasar satgas covid-19 untuk meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan secara masif.

Ungkapan tersebut disampaikan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat menjawab implemetasi perwali yang akan diterapkan pada 14 September 2020 ini.

Fairid menekankan melalui.perwali setidaknya menjadi cara efektif agar protokol kesehatan tersebut benar-benar dijalankan secara displin oleh masyarakat.

“Sebab dalam perwali telah tertuang jelas setiap orang harus disiplin memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,”sebutnya, Minggu (13/9/2020).

Seiring adanya perwali tersebut, maka masyarakat pun harus patuh dan taat terhadap aturan dan anjuran dari pemerintah. Hal itu dilakukan tidak lain sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sampai vaksin ditemukan.

“Maka itu saya mendorong satgas covid-19, tidak mengendurkan sedikitpun pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan. Tegakkan aturan untuk kita semua,”tukasnya.

“Ingat salah satu hal vital yang terus diingatkan kepada masyarakat adalah kedisiplinan memakai masker untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,”tambah Fairid.

Dalam bagian lain sambung dia, diterbitkannya perwali tersebut tidak lain sebagai bentuk perlindungan dari pemerintah kepada masyarakat. Hal itu bukanlah tanpa dasar, mengingat keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi bagi negara ini.

“Ingat jumlah kasus positf covid-19 masih terus bertambah. Maka itu semua pihak tidak boleh lengah. Terutama masyarakat harus mendukung setiap aturan sebagaimanan instruksi Presiden RI Joko Widodo agar semuanya harus menekan angka penyebaran covid-19 ini.”pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here