Seruyan Expos55.com  Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul pastikan distribusi vaksin merata sampai ke daerah yang sulit terjangkau.

“Terlepas dari tempatnya yang sulit dijangkau, mereka harus mendapat pelayanan sama dengan warga yang di Kota. Untuk itu Bapak Gubernur Gubernur menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk membentuk satuan tugas percepatan vaksinasi Covid-19. Kita punya tenaga vaksinator Gabungan ditingkat Provinsi dari Dinas Kesehatan, Laboratorium kesehatan Daerah, Rumah Sakit Doris Sylvanus dan Rumah Sakit Jiwa kurang lebih 40 orang, itu bisa dibentuk menjadi 7 tim, yang akan membantu Kabupaten/Kota melakukan percepatan vaksinasi”, ucap Suyuti Syamsul saat meninjau vaksinasi massal di Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, Minggu (31/10/2021).

Suyuti Syamsul mengatakan, pihaknya akan terus mendorong percepatan vaksinasi di Kalteng. “Vaksin semakin banyak tersedia, kita akan mendorong ke Kabupaten secepat mungkin untuk percepatan vaksinasi dan kita menawarkan jika ada Kabupaten yang kesulitan mempercepat vaksinasi, silahkan bersurat, Provinsi akan bantu melalui tim satgas percepatan vaksinasi”, imbuhnya.

Vaksinasi yang dilaksanakan di Desa Tumbang Manjul melampaui target yang semula disiapkan 400 orang , bertambah mencapai 1000 orang.

“Saya melihat antusiasme masyarakat. Awalnya kita targetkan 400 pada kegiatan ini tapi bertambah banyak sekali sehingga kita ambil kebijakan lokalisir vaksin yang ada di Puskesmas lain untuk membackup disini” tambahnya.

Diutarakan oleh Suyuti Syamsul bahwa vaksinasi memang tidak menyelesaikan semuanya, tetapi berdasarkan data-data yang ada, vaksinasi bisa mencegah sampai 96 persen orang sakit menjadi sembuh dan bisa mencegah angka kematian.

“Ini luar biasa, gunakan kesempatan karena vaksin gratis. Kita tidak tahu 2 tahun kedepan ketika pandemi sudah tidak lagi pandemi, kemungkinan besar tidak gratis. Jadi kita gunakan kesempatan baik saat ini”, pungkasnya.

Sementara itu Camat Seruyan Hulu Malikul mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat di Kecamatan Seruyan Hulu.

“Saya atas nama dari Pemerintah Kecamatan Sungai Hulu dan warga masyarakat Kecamatan Sungai Hulu di 20 Desa, Alhamdulilah sudah kita menyaksikan bersama kegiatan vaksinasi dari Puskesmas dan petugas dari Dinas Kesehatan Prov. Kalteng. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tenaga medis dan seluruh rombongan yang hadir disini. Secara khusus kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Kalteng yang sudah memberikan semangat kepada kami dilapangan dalam hal mendukung maupun menunjang kegiatan pelayanan vaksinasi”, ucap Malikul(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here