Palangka Raya Expos55.com Jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melaksanakan audiensi di Palangka Raya.

Wakil Gubernur Edy Pratowo menerima Kepala BRGM Hartono di Kantor Gubernur, Rabu, dalam kegiatan audiensi tersebut.

“Kami menyambut baik pertemuan bersama BRGM ini dan berharap terjalin sinergi yang baik,” kata wagub.

Melalui sinergi dan koordinasi yang terbangun dengan baik, diharapkan keberadaan BRGM bisa dioptimalkan untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan di lapangan.

Adapun dalam pertemuan itu, Kepala BRGM Hartono memaparkan peranan pihaknya dalam upaya pencegahan kebakaran hutan di lahan gambut.

Ia mengatakan, BRGM membangun infrastruktur pembasahan gambut untuk memperlambat laju pengeringan sehingga saat cuaca tidak mendukung, air yang tersimpan masih tercukupi.

“Kami juga melatih masyarakat untuk tidak membakar dengan memberikan alternatif sumber kehidupan melalui program R3 dan alternatif teknik budidaya pengelolaan lahan tanpa bakar,” terangnya.

Pendekatan Restorasi Gambut (3R) ini meliputi rewetting yakni pembasahan gambut (R1), revegetasi yakni penanaman kembali (R2) dan revitalisasi mata pencaharian masyarakat (R3).

Selanjutnya ia juga mengungkapkan cara pemanfaatan gambut secara bijak dan berkelanjutan melalui sejumlah tahapan yang harus dilakukan dengan baik.

Yakni menetapkan dan memfungsikan ekosistem gambut dalam setiap KHG, menerapkan prinsip berbagi air, serta memastikan muka air tanah tidak kurang dari batas minimal yang dipersyaratkan.

Kemudian menganalisis in-out dengan melihat kanal yang dibangun serta analisis laju pengeringan dengan mempertimbangkan evapotranspirasi, menghindari penggunaan api sebagai metoda pembersihan lahan, hingga memilih komoditas yang sesuai dengan karakteristik lahan gambut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Hartono, yakni Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan BRGM, Kepala Kelompok Kerja wilayah Kalimantan dan Papua, serta kepala kelompok kerja lainnya. Sedangkan jajaran pemprov, wagub didampingi oleh sejumlah kepala perangkat daerah terkait.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here