Palangka Raya Expos55.com  Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya memastikan stok sembilan bahan pokok (sembako) maupun bahan pokok (bapok) selama Bulan Ramadan dipastikan aman.

Hal itu dipastikan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldy melalui Kabid Perdagangan, Hadriansyah, setelah melakukan berbagai survey dan pengawasan di sejumlah pasar-pasar maupun gudang-gudang sembako di Kota Palangka Raya. Meski demikian, untuk harga sebagian sembako memang diprediksi  akan terjadi kenaikan, tetapi tidak signifikan.

“Untuk ketersediaan stok bahan pokok di pasaran kita pastikan cukup hingga idul Fitri mendatang. namun untuk harga sembako itu sendiri kemungkinan ada yang mengalami kenaikan tetapi masih dengan harga yang wajar-wajar saja”, kata Hadriansyah, Sabtu (16/4/2022).

Oleh sebab itu, Hadriansyah meminta agar warga kota cantik tidak perlu panik terkait stok bahan pokok dengan berbelanja berlebihan dengan membeli barang dengan jumlah banyak.

“Sekali lagi saya ingatkan jangan panik, stok sembako aman. Baik selama bulan ramadan ini maupun usai lebaran. Baik itu berupa beras, minyak goreng, bawang, gula maupun daging. ketersediaan sembako semua terlengkapi,” ujar Hadriansyah

Selain itu, Hadriansyah mengungkapkan mengenai harga sembako yang naik atau turun, hal tersebut menyesuaikan mekanisme harga pasar itu sendiri. Mengantisipasi ketersediaan barang, pemerintah akan mengimbangi hal tersebut, sehingga tidak terjadi kelangkaan barang.”Konkretnya semua aman dan masyarakat jangan panik atau khawatir terjadinya kelangkaan,” tegasnya.

Sebut dia, tidak hanya terkait sembako bisa di pastikan stok aman tersedia. Untuk ketersediaan daging sapi pun bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Selain itu untuk daging ayam pun cukup.

”Ketersediaaan daging sapi dan juga daging ayam cukup memenuhi kebutuhan ramadahan dan lebaran nanti. Meskipun tidak bisa dipungkiri terjadi kenaikan harga, hanya saja diharapkan tidak signifikan.Untuk saat ini kenaikan masih tahap wajar. Saya harapkan nanti pedagang tidak menaikkan harga  dengan lonjakan tinggi,” tutupnya.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here