Palangka Raya Expos55.com Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Pelatihan Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan Pemanfaatan Gas Metan di TPA Bukit Tunggal di Jl. Cilik Riwut Km 14 Kota Palangka Raya, Jumat (12/11/2021).

Adapun kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Palangka Raya, melalui Sekretaris Daerahnya Hera Nugrahayu.

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan TPA dan memberikan manfaat kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya”, Ucap Hera.

Dikatakan Hera, Pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

“Tempat Pemrosesan Akhir merupakan tempat dimana sampah mencapai tahap terakhir dalam pengelolaannya sejak mulai timbul di sumber, pengumpulan, pemindahan- pengangkutan, pengolahan dan pembuangan,” tuturnya.

“Selain itu, TPA juga merupakan tempat dimana sampah diisolasi secara aman agar tidak menimbulkan gangguan terhadap lingkungan sekitarnya,” lanjutnya.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar para peserta pelatihan dapat memberikan kontribusi yang baik untuk lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah. Menjadi pengetahuan bagaimana mengelola dan memanfaatkan gas metan dari proses dekomposisi sampah.

“Semoga para peserta pelatihan ini bisa di terapkan di TPA Bukit Tunggal dan pada akhirnya berkontribusi dalam menciptakan Palangka Raya menjadi kota yang bersih, sehat, indah dan ramah lingkungan, sebagaimana misi dari pemerintah kota mewujudkan ‘Smart Environment’ atau Lingkungan Cerdas”, tutupnya.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here