Palangka Raya Expos55.com Kota Palangka Raya saat ini tengah dilanda musim hujan yang diprediksi berlangsung hingga bulan Februari 2022 mendatang.

Untuk itu, Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengimbau seluruh masyarakat, agar dapat waspada ketika berkendara di musim penghujan.

“Akhir-akhir ini sering dilanda cuaca hujan, kondisi jalan yang licin dinilai berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, yang dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa,” katanya, Rabu (15/12/2021).

Untuk itu, pihaknya telah membuat enam tips aman berkendara selama musim hujan. Tips yang pertama, yakni pastikan kondisi fisik dan tekanan ban yang optimal.

Kemudian kurangi kecepatan saat berkendara di tengah kondisi hujan, karena dapat menyebabkan kecelakaan tunggal karena jalan yang licin berpotensi membuat ban motor menjadi selip sehingga terjatuh.

“Tips yang ketiga, pengendara diminta menjaga jarak dengan kendaraan di depannya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan apabila kendaran yang di depan melakukan pengereman secara mendadak,” ucapnya

.

Selanjutnya, para pengendara diminta untuk dapat menghindari adanya genangan air. Kelima, pastikan kondisi lampu kendaraan berfungsi secara normal dan tips yang terakhir, masyarakat diminta untuk mengecek seluruh komponen utama motor.

Hal tersebut guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya seperti kendaraan mogok saat terjadinya hujan.

Semoga enam tips ini dapat membantu masyarakat Kota Palangka Raya selama hujan, agar masyarakat bisa tetap aman selama berkendara di musim hujan,” pungkasnya.
(KT/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here