Sampit Expos55.com  Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengakui peran organisasi wanita dalam membantu pemerintah daerah terus meningkat.

“Keterlibatan perempuan di bidang pembangunan cukup besar. Kepedulian mereka sangat tinggi bahkan dengan swadaya. Ini membuktikan kontribusi mereka cukup besar. Dan kita akui, aktivitas kaum ibu-ibu di Kotawaringin Timur cukup menonjol di Kalteng. Ini kita apresiasi,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Hal itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri Musyawarah Daerah I Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kotawaringin Timur. Turut hadir Ketua DPRD Rinie, Wakil Bupati Irawati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kotawaringin Timur Siti Khairiyah Halikinnor.

Musyawarah Daerah ini dilaksanakan untuk mengevaluasi capaian kegiatan kepengurusan saat ini serta membahas program kerja untuk tahun-tahun selanjutnya. Kegiatan juga diisi pemilihan ketua baru untuk mengganti kepengurusan periode 2015-2020 yang sudah berakhir masa tugasnya.

Menurut Halikinnor, GOW yang memiliki anggota sebagai 34 organisasi wanita, mempunyai peran yang strategis dalam membantu pemerintah daerah. Untuk itu peran tersebut diharapkan terus ditingkatkan karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Organisasi wanita diharapkan terus membantu pemerintah daerah dalam menangani berbagai permasalahan seperti stunting, kenakalan remaja, kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT, narkoba dan lainnya.

Peran organisasi wanita juga dibutuhkan dalam membantu peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, wisata dan lainnya yang berujung pada upaya peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Halikinnor berharap dengan kepengurusan yang baru GOW bisa menyusun program kerja yang lebih baik lagi, khususnya bagaimana meningkatkan kiprah kaum perempuan dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Terkait kendala anggaran, Halikinnor berjanji akan mengupayakan bantuan dari pemerintah daerah. Namun tentu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Ini akan menjadi perhatian kami bagaimana mengalokasikan anggaran yang cukup memadai supaya mereka bisa melaksanakan program-program kerja yang sudah disusun saat musyawarah daerah seperti sekarang,” demikian Halikinnor.

Sementara itu hasil pemilihan, Irawati terpilih menjadi Ketua GOW Kabupaten Kotawaringin Timur yang baru. Irawati yang merupakan Wakil Bupati itu menang tipis satu suara dari petahana Rachmawaty yang memperoleh 14 suara. Sementara itu tiga kandidat lainnya yaitu Rinie, Ellena Rosie dan Forisni Aprilista memperoleh suara yang tidak signifikan.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here