Muara Teweh Expos55.com Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengusulkan sejumlah prioritas pembangunan dari berbagai dinas setempat pada musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Tengah 2023.

“Sejumlah usulan prioritas pembangunan ini sudah saya sampaikan pada musrenbang RKPD Kalteng mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Barito Utara,” kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, usulan yang disampaikan Pemkab Barito Utara diantaranya adalah dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  yakni pembangunan Jembatan Lemo Seberang dan Jembatan Sikan – Tumpung Laung, penyelesaian Wing B RSUD Muara Teweh, peningkatan jalan Kilometer 34 – Simpang Benangin, pembangunan jembatan penghubung bangunan utama RSUD Muara Teweh dengan rusanawa dan ruang isolasi, pengerukan Bendungan Trinsing.

Dari Dinas Pertanian diusulkan bantuan penyediaan benih dan sarana produksi komoditas pertanian dan bibit ternak, perbaikan infrastruktur lahan pertanian, penyediaan pupuk subsidi, alat dan mesin pertanian.

“Sedangkan dari Dinas Kesehatan diusulkan pembangunan Puskesmas di beberapa kecamatan, penyediaan alat kesehatan pada RSUD Muara Teweh, penambahan dokter spesialis, dan usulan prioritas dari Dinas Pendidikan dan dinas lainnya,” kata Nadalsyah.

Bupati Barito Utara mengharapkan agar usulan prioritas tersebut dapat diakomodir oleh Pemprov Kalteng melalui dana APBN.

“Bila mengharapkan dana APBD Pemkab Barito Utara, prioritas pembangunan tersebut tidak dapat kami kerjakan semuanya,” kata bupati.

Terlebih, kata Nadalsyah, untuk pembangunan Jembatan Lemo Seberang dan Jembatan Sikan Tumpung Laung serta Wing B RSUD Muara Teweh.

“Kita berdoa bersama, semoga usulan kita dapat diakomodir oleh Pemprov Kalteng,” harap Nadalsyah.

Musrenbang RKPD 2023 Provinsi Kalteng di Palangka Raya pada Kamis (7/4) dihadiri secara langsung oleh Pj Sekda Kalteng Nuryakin, Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Bupati/Walikota dan Kepala Bappeda se-Kalteng, sementara Gubernur Kalteng Sugianto Sabran membuka Musrenbang melalui virtual dan dihadiri juga secara virtual oleh Plt Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Bappenas,Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, serta undangan lainnya.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here