Tamiang Layang Expos55.com Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah terus menambah luas tanam jagung pakan ternak untuk memenuhi suplai ternak ayam di wilayah setempat.

“Pemkab Barito Timur menambah luas tanam jagung pakan sebanyak 300 hektare pada 2022,” kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, Pemkab Barito Timur juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pertanian melalui Pemprov Kalteng untuk mengembangkan jagung pakan dengan luasan 500 hektare, sehingga total luas tanam jagung pada 2022 nanti seluas 800 hektare.

Ditambahkan orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu, di Kelurahan Taniran, Kecamatan Benua Lima terdapat Kelompok Tani Taniran Makmur yang mengelola tanaman jagung pakan ternak dan ternak ayam petelur.

Kegigihan mereka, kata dia, dilihat dari pengolahan tanah pasir menjadi lahan perkebunan jagung pakan. Hasilnya cukup memuaskan dan diproyeksikan menghasilkan untung yang cukup baik.

“Mereka menciptakan simbiosis jagung pakan dengan ternak ayam. Jagung diolah untuk pakan ayam, sedangkan kotoran ayam diolah menjadi pupuk untuk jagung pakan. Ini usaha yang menguntungkan,” terangnya.

Kata Ampera lagi, semua bisa menilik peluang bisnis dari sektor pertanian tersebut karena beriringan sejajar dan sejalan dengan Pemkab Barito Timur dalam program ekonomi kerakyatan, serta sejalan dengan Kementerian Pertanian yakni usaha pertanian yang terintegrasi atau integrated farming.

“Intergrated farming itu dimana komoditi pertanian, peternakan bahkan perikanan diusahakan dalam satu hamparan dan antara satu komoditi dengan komoditi lain itu saling menunjang,” ungkapnya.

Masyarakat Barito Timur hendaknya bisa melihat peluang usaha di sektor pertanian ini, agar bisa ikut terlibat dalam pembangunan ibu kota negara baru dalam memenuhi pangan hingga bisa sejahtera.

Di lahan Kelompok Tani Taniran Makmur, Bupati Ampera AY Mebas langsung melaksanakan panen jagung pakan ternak bersama dan berkesempatan menanam jagung di lahan yang tak jauh dari lokasi panen bersama.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here