Paringin, expos55.com Pemkab Balangan sampaikan penjelasan mengenai rancangan peraturan daerah Kabupaten Balangan tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Balangan tahun anggaran 2021, bertempat di Ruang Rapat DPRD Balangan, Senin (16/08/2021).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wakil Bupati Balangan, Supiani menyampaikan terkait rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2021, karena pada tahun 2021 Kabupaten Balangan mengalami pergantian  kepemimpinan dengan visi misi yang baru, sehingga semua dokumen perencanaan pembangunan harus terlebih dahulu disesuaikan.

“Perubahan anggaran pendapatan dan belanja merupakan hal yang rutin kita lakukan dalam setiap tahun anggaran demi beradaptasi atau menyikapi perkembangan situasi”,paparnya.

Sementara itu, Supiani menambahkan kondisi perekonomian nasional yang masih sangat berat terdampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kemampuan anggaran, dikarenakan komponen terbesar pendapatan daerah bukan dari pos pendapatan asli daerah melainkan dari pos transfer.

Terakhir, Supiani mengatakan dalam rancangan perubahan anggaran tahun ini bisa menaikkan pendapatan sebesar 12,80%, menambah anggaran belanja sebesar 13,26%. Selain itu pada pembiayaan daerah, pembiayaan Netto bisa di naikkan hingga 21,47%.

“Kami berharap raperda ini dapat sesegeranya ditindak-lanjuyi sesuai mekanisme yang berlaku supaya dapat secepatnya kita laksanakan supaya lekas terasakan hasil-hasilnya oleh masyarakat Kabupaten Balangan”,harapnya.

Usai Paripurna penyampaian perubahan Raperda APBD 2021, agenda berlanjut ke pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Balangan terhadap Raperda Kabupaten Balangan tentang perubahan pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Balangan tahun anggaran 2021.

Sejumlah fraksi turut memberikan pandangan umumnya terhadap perubahan raperda APBD tersebut. Salah satunya fraksi Partai Golkar DPRD Balangan, Bahrul Ilmi, menyampaikan dalam melakukan perubahan APBD harus selalu memperhatikan azaz dan tetap memprioritaskan hal-hal untuk pembangunan demi kemajuan daerah.

Selain itu Supianor dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Balangan, juga turut memberikan dukungan penuhnya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan lebih maju.

 

MC Balangan/ Sinta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here