Palangkaraya, Expos55.com. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, merupakan tema acara puncak Peringatan Hari Ibu ke 92 tahun 2020 yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin (14/12/2020), yang diikuti oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Endang Kusriatun, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng dr. Rian Tangkudung, unsur Forkopimda, anggota TP PKK Prov. Kalteng, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati, yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Prov. Kalteng Lies Fahimah menyampaikan, bahwa peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tahun merupakan bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.
Kongres Perempuan I di tahun 1928 adalah tanda perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap pembangunan yang ada di Indonesia.

“Maka amat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kondisi pandemi Covid-19 saat ini menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan dalam hal ekonomi dan ketidaksetaraan gender serta mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Namun kesulitan tersebut tidak menghentikan langkah para perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan. Hal itu dibuktikan dengan adanya perempuan yang turun langsung menjadi penggerak sosial untuk membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah, serta menyediakan makanan bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat Covid-19.

Melalui Peringatan Hari Ibu ke 92 Tahun 2020 ini, Menteri P3A berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar, betapa berharganya mereka, sebab mereka tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa lalu.

“Untuk itu mari warnai Peringatan Hari Ibu dengan peran, kerja, karya nyata dari anda semua untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, pungkasnya. (mmc.kalteng/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here