Palangka Raya Expos55.com Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Palangka Raya mendapatkan pelatihan tentang cara pemasaran atau penjualan produk secara online.

Pelatihan ini digelar Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya di Hotel Putra Kahayan, Jalan Temanggung Tilung, Selasa (9/11/ 2021).

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian, Rawang mengatakan, pemasaran yang baik merupakan kunci sukses dari sebuah usaha yang dijalankan.

Hal ini berlaku baik di bidang manufaktur, dagang, maupun jasa. Pemasaran adalah keseluruhan sistem dari berbagai bisnis atau kegiatan bisnis yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.

“Pemasaran era modernisasi ini tidak hanya dapat dilakukan dengan cara tradisional dengan langsung bertatap muka dengan pembeli di lapangan, maka harus mulai mencoba menggunakan pemasaran modern yang berbasis online,” katanya.

Media Sosial kini telah menjadi tren dalam komunikasi pemasaran, semua kalangan menggunakan media sosial untuk berkomunikasi antara pengusaha maupun tokoh masyarakat dengan para pengguna sosial media yang lain.

Contoh-contoh sosial media yang mengalami perkembangan saat ini Twitter, Facebook, YouTube, instagram, WhatsApp, Website, Platform Marketplace dan lain-lain.

“Begitu pentingnya pemasaran online di era digital karena masyarakat sekarang ini lebih banyak yang berbelanja secara online daripada konvensional karena lebih praktis, hemat waktu, dan lebih murah, serta lebih beragam produk yang ditawarkan,” ujarnya.

Pelatihan ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk memasarkan produknya secara online dan peluang para peserta pelatihan memiliki pengetahuan yang memadai untuk menjadi wirausaha dan mendorong pertumbuhan industri kecil dalam kondisi pandemi Covid-19.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here