Expos55.com , Palangka Raya – Terhitung sejak 14 September 2020 yang lalu, sanksi denda ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah yang tertuang dalam peraturan Wali Kota (Perwali) Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2020, sudah diterapkan bagi mereka yang kedapatan tidak memakai masker atau tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Menurut Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, tim dari satgas setempat terus memaksimalkan penerapan penegakan perwali itu.

“Setidaknya dalam satu hari ada lima lokasi yang berbeda menjadi sasaran pelaksanaan penegakan perwali. Baik mengambil waktu pagi, siang, sore ataupun malam hari,”ungkapnya, Rabu (16/9/2020).

Adapun kawasan yang menjadi sasaran penegakan perwali yakni pada kawasan publik, seperti pasar dan pusat perbelanjaan. Selain itu juga akan dilakukan bagi pelaku usaha seperti kafe, karaoke dan tempat usaha biliar.

“Telah diumumkan dan disosialisasikan secara tegas aturan serta besaran sanksi denda Rp 100 ribu bagi warga yang tak memakai masker, serta jutaan rupiah bagi pelaku jasa usaha yang melanggar prokes,”tegas Emi.

Khusus bagi yang kedapatan tidak memakai masker jelas dia, maka akan dihadapkan pada dua pilihan sanksi. Yakni sanksi denda atau menjalankan sanksi sosial. Untuk sanksi sosial seperti menyapu jalan atau menjadi relawan pada satgas covid-19 maupun bentuk sanksi sosial lainnya.

“Nah, ada pertanyaan, bagaimana apabila yang melakukan pelanggaran merupakan pelajar, maka satgas covid-19 sepakat sanksi yang diberikan bersifat sanksi sosial,”terang Emi.

Sejatinya tambah dia, semua ketentuan serta besaran sanksi denda bagi yang kedapatan tak memakai masker maupun melanggar prokes tersebut telah diatur dalam Perwali Nomor 26 tahun 2020.

Disisi lain adanya penerapan perwali ini adalah bertujuan agar masyarakat selalu disiplin memakai masker serta taat menjalankan protokol kesehatan.

“Ini merupakan cara bersama
pemerintah dan masyarakat dalam menekan penyebaran maupun penularan virus covid-19, yang hingga kini belum mereda,”tandas Emi. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here