Palangkaraya, Expos55.com. Dalam rangkaian Peringatan Hari Ibu ke 92, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng), Kamis (17/12/2020) menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan yang pelaksanaannya dilangsungkan di dua tempat, yaitu di Gedung TP-PKK Prov. Kalteng  dan Swab Antigen di Gedung RMC, Jalan Sudirman Palangka Raya.

Pelaksanaan kegiatan rapid test dibuka oleh Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dr. Yayu Indriaty dari Pokja 4, mewakili Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran yang dihadiri Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy serta anggota dan pengurus TP-PKK Prov. Kalteng.

Dalam sambutan Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran yang dibacakan Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus menyampaikan, kegiatan rapid test tidak berbayar bagi kaum perempuan ini dilaksanakan di setiap provinsi dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 92 pada tahun 2020 yang puncaknya sudah diselenggarakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Yayu Indriaty mengatakan kegiatan ini diharapkan dilaksanakan oleh seluruh TP-PKK dari mulai tanggal 14-18 Desember 2020 dan merupakan salah satu upaya TP-PKK mendukung kegiatan yang dilaksanakan provinsi dalam rangka memperkuat kegiatan surveilans 3T, Tracing, Testing, sekaligus edukasi kepada masyarakat bahwa TP-PKK juga peduli pada kegiatan pengendalian Covid-19.

“Selama 10 bulan menghadapi pandemi Covid-19, terjadi kenaikan kasus atau terjadi trend peningkatan kasus baru. Diketahui ada peningkatan di bulan Juni, Agustus kemudian mereda dan bulan September, Oktober mulai naik lagi”, jelas Yayu.

Lebih lanjut dikatakan Yayu Indriaty, bahwa Kepala Dinas Kesehatan juga sempat membuka rumah isolasi untuk provinsi yang menerima rujukan dari seluruh Kabupaten/Kota. Sedangkan sasaran untuk pemeriksaan Rapid Test gratis kali ini adalah kaum perempuan, baik remaja, dewasa, maupun lansia dengan target minimal 100 orang.

“Kegiatan ini dilaksanakan juga di beberapa Kabupaten/Kota di Prov. Kalteng, dengan harapan semuanya dapat berjalan dengan lancar”, ujarnya. (mmc.kalteng/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here