Palangkaraya, Expos55.com. Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dimiliki generasi muda saat ini baik dimulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat menjadi tantangan bagi kita saat ini khususnya bagi generasi muda dimana akses informasi hampir tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga sedikit banyaknya dapat mempengaruhi generasi muda khususnya mahasiswa dalam berpikir dan bertindak.

Mengantisipasi hal tersebut personel TNI AD dari satuan Denzibang 2/Palangkaraya Zidam XII/Tanjung Pura melakukan kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada 50 orang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP) di Aula Denzibang 2/Palangkaraya, Sabtu (12/06/2021).

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan disampaikan langsung Dandenzibang 2/Palangkaraya, Letkol CZI Gerald Nusra untuk membekali mahasiswa bagaimana kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana membentengi diri dari banyaknya informasi yang ada di saat ini, sehingga mampu memilah mana informasi yang bermanfaat untuk diterima.

Dalam sosialisasi disampaikan, Wawasan Kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.  Derasnya pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi informasi  yang begitu pesat bukan mustahil akan memporakporandakan adat budaya yang menjadi jati diri kita sebagai suatu bangsa dan akan melemahkan semangat nasionalisme.

“Untuk memahami bagaimana wawasan kebangsaan perlu memahami secara mendalam falsafah Pancasila yang mengandung nilai-nilai dasar yang akhirnya dijadikan pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku yang bermuara pada terbentuknya karakter bangsa”, ucap Gerald.

Selain menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan, Letkol CZI Gerald Nusra juga menyampaikan materi tentang Korp Zeni TNI AD, karena peserta yang hadir merupakan mahasiswa jurusan Teknik Sipil yang berkutat pada ilmu-ilmu konstruksi.

Lebih lanjut disampaikan Gerald Nusra, bahwa pengetahuan tentang Zeni TNI AD diberikan karena ada 9 kemampuan zeni yang dikerjakan oleh personel Zeni TNI AD, tidak terkecuali yang dikerjakan oleh personel Denzibang 2/Palangkaraya dan salah satu kemampuan diantaranya adalah kemampuan konstruksi.

“Pemberian materi tambahan tentang Zeni TNI AD khususnya pada bidang Konstruksi diharapkan akan membuka wawasan baru bagi mahasiswa tentang kiprah Zeni TNI AD dalam pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya dalam bidang Konstruksi,” ujarnya.

Harapan kami setelah lulus dari bangku kuliah, mahasiswa jurusan Teknik Sipil berminat untuk bergabung dengan TNI AD  untuk menerapkan ilmunya pada pekerjaan konstruksi di dunia militer.

Kegiatan sosialisasi dihadiri juga oleh pimpinan dan staf pengajar UNKRIP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
(Denzibang2/Plk/Nd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here