Palangka Raya Expos55.com Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Tim Satuan Tugas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak ke sejumlah lokasi, untuk memastikan ketersediaan serta distribusi bahan pokok jelang Ramadhan.

“Kami melakukan sidak-sidak seperti ini, ke distributor, memastikan pasokan dan ketersediaan hingga harga jual bapok,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S. Ampung di Palangka Raya, Senin.

Leonard mengharapkan tidak terjadi ‘pembelian panik’ atau panic buying, sehingga masyarakat dapat dengan nyaman menyambut Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri mendatang.

Ia mengatakan, kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memimpin rapat koordinasi pengendalian harga pangan. Daerah diminta mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas harga pangan.

Tugas Satgas Pangan yang paling utama adalah setiap hari memantau harga sembilan bahan pokok dan komoditas pangan lain yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat.

“Kami terus memonitor, bila terjadi hambatan akan segera diambil langkah yang dianggap perlu untuk stabilisasi harga, persediaan maupun distribusi,” terangnya yang pernah menjabat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng tersebut.

Dalam inspeksi mendadak tersebut, tim memantau harga dan ketersediaan bapok, utamanya seperti minyak goreng, gula pasir, beras, daging dan lainnya. Berdasarkan pantauan menunjukkan adanya stok namun harga mengikuti mekanisme pasar.

Adapun lokasi yang ditinjau Tim Satgas Pangan dan TPID Kalteng tersebut, di antaranya pasar besar, toko modern, pedagang eceran, sub distributor, hingga distributor di Palangka Raya.

Kepala Perum Bulog Kanwil Kalteng Amrullah menjelaskan, sementara ini pihaknya menangani beberapa komoditi dan di antaranya ketersediaan beras masih mencukupi.

“Minyak goreng stoknya ada namun terbatas, sekarang ini sekitar 15 ribuan liter, kami masih terus berupaya melakukan pengadaan,” jelasnya.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here