Sampit Expos55.com Mendekati hari lebaran, masyarakat khususnya umat Muslim sering kali merencanakan untuk pergi liburan bersama keluarga. Selain untuk silaturrahmi juga untuk menghabiskan masa lburan bersama setelah sekian lama tidak bertemu.

Untuk itu, penting bagi masyarakat memperhatikan prakiraan cuaca di sejumlah tempat wisata khususnya di Kotawaringin Timur (Kotim). Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandar Udara H Asan Sampit sudah mengeluarkan prakiraan kondisi cuaca di sejumlah kawasan wisata di Kotim.

“Prakiraan ini berlaku hingga H-1 lebaran Idul Fitri mendatang. Yakni sejak 30 April hingga 1 Mei 2022. Jadi masyarakat bisa memperkiraan keamanannya untuk bepergian, baik yang mau liburan ke tempat wisata atau yang mau mengunjungi kerabatnya di sekitar lokasi,” kata Kepala BMKG Bandar Udara H Asan Sampit, Musuhanaya, Sabtu 30 April 2022.

Disebutkannya, untuk kondisi cuaca di kawasan Patung Ikon Jelawat Sampit dan susur Sungai Mentaya, pagi hingga siang hari diperkirakan berawan. Sementara pada malam hari hingga dini hari diperkirakan akan turun hujan ringan. Sehingga warga yang ingin berkunjung atau pedagang di sekitarnya bisa bersiap.

“Sementara untuk lokasi wisata di Pantai Ujung Pandaran dan Pantai Tebing Kalap, pagi hari diperkirakan hujan, siang hujan berawan, malam hari hujan ringan dan dini harinya kembali berawan,” ungkapnya.

Kemudian kondisi cuaca di kawasan Pantai Satiruk, pagi hingga siang hari diperkirakan berawan dan malam hingga dini hari diperkirakan terjadi hujan ringan. Sedangkan, kondisi cuaca di Pantai Sungai Bakau, pagi hari hujan ringan. Siang berawan. Malam hujan ringan dan dini diperkirakan berawan.

“Semoga ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi yang memiliki aktivitas atau yang mau berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut saat liburan Idul Fitri ini. Perjalanan akan lebih aman dan nyaman jika memperkirakan cuaca yang akan dihadapi nanti,” tegasnya.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here