Expos55.com Palangka Raya – Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Metrologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Andriani menyampaikan, sejumlah wilayah kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Tengah masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat.

“Sampai satu minggu ke depan potensi hujan diperkirakan masih tinggi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Tengah, sehingga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat,”ungkapnya, senin (13/9/2021).

Kondisi demikian sambungnya bukanlah tanpa sebab, mengingat pada bulan September hingga Oktober wilayah Kalimantan Tengah, telah memasuki peralihan musim dari musim kemarau menjadi musim hujan. Sehingga potensi cuaca ekstrim seperti curah hujan lebat masih cukup tinggi untuk terjadi.

Hal demikian juga didukung dengan faktor-faktor, seperti terapat belokan angin di wilayah, sehingga terjadi penumpukan massa udara yang berpotensi pertumbuhan awan-awan hujan. Selain itu, terjadinya hujan dengan intensitas lebat juga disebabkan akibat kelembapan udara yang cukup basah, sehingga berkontribusi terhadap pasokan uap air di wilayah Kalteng.

Namun terlepas dari itu, pada umumnya cuaca di sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Tengah berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Suhu udara berkisar antara 23-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 55-100 persen, dan angin umumnya bertiup dari arah Utara-Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10-20 kilometer per jam.

“Masyarakat harus selalu waspada terhadap potensi terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat, dan angin kencang pada masa peralihan musim,”tukasnya.

Disisi lain tambah dia, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan. Seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here