Palangka Raya Expos55.com  Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto, mengatakan Operasi Zebra Telabang 2021 tidak hanya untuk meningkatkan ketertiban berlalu lintas, tetapi juga mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Maka dari itu, perlu dilakukan berbagai upaya diantaranya adalah memberdayakan seluruh stakeholder terkait, untuk mendukung kegiatan tersebut. Sehingga terciptanya keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” kata Nanang Avianto di Palangka Raya, Senin.

Penegasan itu disampaikannya saat memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Telabang 2021 di halaman Barigas Mapolda Kalimantan Tengah. Apel juga diikuti instansi terkait lainnya.

Orang nomor satu di Polda Kalteng itu menuturkan, objek yang menjadi sasaran Operasi Zebra Telabang 2021 adalah segala bentuk kegiatan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di wilayah hukum Polda Kalimantan Tengah.

Petugas akan menyasar masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak disiplin berlalu lintas, lokasi rawan macet, kecelakaan lalu lintas, kerumunan serta lokasi bencana alam.

“Saya menekankan bahwa pelaksanaan operasi zebra ini tidak berorientasi dalam bentuk penegakan hukum lantas atau tilang, namun lebih berfokus mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat serta bakti sosial,” ucapnya.

Nanang Avianto juga menekankan kepada para personelnya agar selalu mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Apabila personel sudah menjalankan kegiatan tersebut sesuai SOP, apa yang dilakukan personel di lapangan diharapkan tidak akan mencederai kegiatan yang rutin setiap tahun sekali dilaksanakan itu.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan secara gabungan ini akan berjalan dengan lancar dan baik, sehingga tidak ada hal-hal yang dapat merugikan satu sama lain di kemudian hari,” bebernya.

Operasi Zebra Telabang 2021 ditandai dengan penyematan tanda pita warna biru-putih oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, kepada perwakilan antara lain personel Ditlantas dan Brimob, serta personel POM TNI, dan personel Dinas Perhubungan.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi para PJU Polda Kalteng serta diikuti Dandenpom XII/2 Palangka Raya, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kalteng, Pelaksana Tugas Kadishub Kalteng, dan personel gabungan Operasi Zebra.(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here