Amuntai, expos55.comOmbudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) “On the spot ” dengan membuka gerai pengaduan dan konsultasi masyarakat bertempat di Mall Pelayanan Publik Kabupaten HSU, Senin (24/8/2021).

Dibukanya layanan on the spot ini dalam rangka tupoksi Ombudsman RI perwakilan kalsel kepada masyarakat  sekaligus akses konsultasi dan laporan masyarakat terkait pelayanan publik.

“Ombudsman dalam hal ini membuka program PVL on the spot, jadi tanggal 24 hingga 27 Agustus 2021 kami ke SKPD layanan publik, untuk memberikan akses kepada masyarakat baik konsultasi maupun laporan terkait masalah pelayanan publik yang buruk, kami juga memberikan layanan konsultasi secara gratis tanpa dipungut biayanya,” ungkap Kepala Keasistenan PVL Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Benny Sanjaya.

Lebih lanjut, menurut Benny selama membuka gerai di Kabupaten HSU pihaknya siap menerima pengaduan masyarakat atau konsultasi, baik terkait pelayanan publik yang inprosedural.

Adapun jenis aduan yang biasanya diterima Ombudsman antara lain terkait pelayanan publik seperti di Mal Pelayanan Publik terkait pelayanan administrasi, jasa dan pelayanan publik.

“Pelayanan administrasi seperti kepengurusan izin, dokumen kependudukan, kalau bidang jasa seperti pelayanan kesehatan, rumah sakit, puskesmas bila ada keluhan silahkan sampaikan kekami, sedangkan bidang pelayanan publik seperti adanya infrastruktur yang rusak dan lambat mendapat pembenahan silakan sampaikan ke Ombudsman,” imbuh dia.

Benny menambahkan, terkait dilakukannya kegiatan ini di beberapa kabupaten/kota di Kalsel, hal ini didasari rendahnya laporan pengaduan kepada Ombudsman di wilayah tersebut, sehingga perlu dilakukan PVL “On the spot secara langsung disamping juga memberikan layan hotline melalui nomor telepon 0811 165 3737.

Benny berharap dengan hadirnya Ombudsman secara langsung di masyarakat, Ombudsman bersama masyarakat dapat bersama-sama membenahi dan menjaga pelayanan publik agar lebih baik dan profesional memberikan layanannya.

“Tujuan Ombudsman selain kami membuka kanal konsultasi, kita juga menyosialisasikan apa itu Ombudsman di tengah masyarakat,” kata Benny.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Lerja HSU, M. Syarif Fajerian Noor, mengaku menyambut baik atas program PVL On the spot yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalsel kali ini.

Bahkan pihaknya secara khusus menyiapkan tempat kedatangan Ombudsman RI untuk membuka gerai pelayanan publik bersama di Mall Pelayanan publik di HSU. “Mudah-mudahan masyarakat terlayani dengan mudah,” harap dia.

Selain membuka gerai penerimaan laporan dan konsultasi publik di Mall pelayanan publik HSU, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel juga berencana membuka gerai serupa dibeberapa tempat pelayanan publik lainnya di HSU seperti di Satpas SIM Polres HSU pada 25 Agustus, UPPD samsat Amuntai pada 26 Agustus dan di Disdukcapil HSU pada 27 Agustus 2021.

 

(Diskominfo/wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here