Palangkaraya, Expos55.com. Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Hamka dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalteng Ahmad Syaifudi, membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru SMA/SMK/SLB Tahun Pelajaran 2021/2022, secara virtual dari ruang rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (12/07/2021), yang diikuti oleh SMA/SMAK/SLB se Kalteng.

H. Nuyakin mengatakan, bahwa semua kebijakan, program dan kegiatan pendidikan muaranya adalah meningkatnya kualitas proses pembelajaran di kelas sehingga akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing sebagaimana tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab.

Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 seluruh peserta didik baru wajib mengikuti kegiatan MPLS, akan tetapi pada tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda.

“Kegiatan hari ini sungguh luar biasa karena biasanya di hari pertama masuk sekolah kita dapat berdiri di lapangan bersama seluruh siswa-siswi untuk memulai tahun pelajaran baru, pandemi Covid-19 saat ini masih terus menjadi perhatian kita semua sehingga untuk menghindari menularnya wabah ini kegiatan MPLS kita gelar secara virtual”, ucap Nuryakin saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Lebih lanjut dikatakan Nuryakin, agar semua siswa tetap semangat serta sungguh-sungguh mengikuti MPLS, orang tua siswa tetap memantau dan membimbing anaknya dalam mengikuti proses pengenalan lingkungan sekolah secara daring.

H. Nuryakin berpesan kepada para Kepala Sekolah/Madrasah, guru dan siswa agar pelaksanaan pendidikan di Kalteng harus dilaksanakan dengan perencanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan yang baik, transparan dan akuntabel sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran pembangunan pendidikan Kalteng semakin Berkah dapat diwujudkan. Selain itu, agar para guru dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengajar, mendidik, melatih dan membimbing para siswa dengan baik dan benar serta kepada para siswa agar fokus, semangat dan tekun dalam belajar.

“Saya berharap agar semua pemangku kepentingan pendidikan di Kalteng terus bekerja keras, bekerja cerdas dan terus berinovasi untuk percepatan kemajuan pendidikan guna mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter religius, nasionalis, gotong royong, integritas dan mandiri”, tutup Nuryakin. (mmc.kalteng/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here