anggota DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita

Palangka Raya, expos55.com Kebiasaan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat selama ini, nampaknya kembali tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Artinya sudah dua kali peringatan HUT RI yakni di tahun 2020 yang lalu dan di tahun 2021 ini kembali tidak bisa dimeriahkan, karena pandemi Covid-19 yang belum juga mereda,”kata anggota DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita, Senin (16/8/2021).

Terlepas dari kondisi tersebut lanjut dia, maka semua elemen diharap harus tetap bersemangat untuk memaknai peringatan hari kemerdekaan RI yang saat ini sudah memasuki usia ke-76 tahun.

Srikandi dari Partai Perindo ini berpandangan, meskipun agustusan di masa pandemi ini akan terasa jauh semaraknya, namun bukan berarti tidak ada upaya memaknainya. Semua orang kata dia harus berpikir kreatif dan melahirkan ide yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.

Contohnya pada dunia pendidikan, maka sekolah-sekolah harus bisa melahirkan ide menggelar lomba sebagai alternatif pengganti lomba khas agustusan. Dalam arti, tanpa harus berkerumun dan bisa dilakukan jarak jauh sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sangat banyak lomba-lomba yang bisa dilakukan sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA di Kota Palangka Raya pada situasi pandemi. Contohnya lomba secara online,”cetusnya.

Lomba secara online tersebut bisa berupa lomba menulis, melukis, membaca dengan mengusung tema hari kemerdekaan Indonesia, atau lomba membuat dan menghias masker serta lain sebagainya.

“Peserta didik yang ikut lomba dapat mengerjakan di rumah lalu memotret hasil karya dan mengirimkannya ke panitia lomba di sekolah,”cetusnya.

Harus disadari imbuh Ruselita, meskipun kondisi saat ini masih pandemi akan tetapi umat manusia diera saat ini secara tidak langsung telah hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi, sehingga berbagai kegiatan penting tetap bisa dilaksanakan walau dari rumah sekalipun.

 

MC. Isen Mulang.1/humas-kesbangpol/wspd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here