Palangka Raya Expos55.com Tak bisa dipungkiri perkebunan maupun pertambangan, merupakan sejumlah sektor unggulan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah hingga saat ini.

Dalam situasi pandemi COVID-19 pembangunan yang jalannya cukup stabil dan berkontribusi secara berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat, diantaranya kelapa sawit dan juga batu bara, kata Ketua Lembaga Minyak Pambelom Rawing Rambang di Palangka Raya, Kamis.

“Kelapa sawit maupun batu bara, adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jangan sampai terhambat, namun di satu sisi masyarakat juga jangan sampai dirugikan,” jelasnya.

Pria yang kini telah menyelesaikan tugasnya sebagai abdi negara tersebut menyampaikan, diperlukan sinergi antar lini, sehingga semuanya bisa berjalan beriringan dan selaras. Jangan sampai pelaksanaan pembangunan mengalami stagnan, terlebih di masa pandemi.

Menurutnya sektor perkebunan maupun pertambangan, hasil dari keduanya senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat secara luas dan sifatnya berkelanjutan, sehingga potensi ini sangatlah baik serta memberikan banyak manfaat bagi daerah.

Dijelaskannya, Kalteng memiliki sumber daya alam begitu luar biasa, salah satu contohnya adalah kelapa sawit di wilayah setempat luasannya sekitar 1,7 juta hektare lebih atau sekitar 10 persen dari kelapa sawit nasional luasnya.

“Untuk itu kami hadir, mengawal dan mendampingi pelaksanaan pembangunan khususnya di Kalimantan Tengah, agar terus berjalan dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi,” terangnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan Kalteng tersebut.

Lebih lanjut Rawing menyampaikan, pihaknya tak hanya fokus pada sektor perkebunan dan pertambangan saja, namun juga sektor lainnya seperti kehutanan, hingga pertanian.

Pihaknya ingin bisa hadir sebagai representasi dari masyarakat yang mampu bersinergi dalam pembangunan baik bersama pemerintah maupun swasta.

“Kami akan bekerja sama baik dengan pemerintah, masyarakat maupun institusi atau asosiasi, misalnya GAPKI dan lainnya,” tuturnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dan melakukan rembuk dengan berbagai pihak, diantaranya untuk sinkronisasi data untuk kemudian dihasilkan kompilasi guna merumuskan berbagai rencana strategis dalam pembangunan.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here