Palangka Raya Expos.com.com Beberapa hari terakhir banjir di wilayah Kota Palangka Raya mulai menyurut. Namun begitu hal tersebut tetap menjadi perhatian dari Pemerintah Pusat. Kini Menteri Sosial Republik Indonesia , Tri Rismaharini meninjau posko penanganan banjir di Kota Palangka Raya, Rabu (24/11/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Menteri Sosial RI didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo , Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Anggota DPD RI Perwakilan Kalteng, Muhammad Rakhman .

Menteri Sosial RI bersama rombongan pejabat terlebih dahulu meninjau posko GOR KONI di jl. Wahidin, Palangka Raya. Dalam peninjauan tersebut Tri Rismaharini menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengungsi di posko yang terdampak banjir tersebut.

Wanita yang menjabat Wali Kota Surabaya selama 2 periode ini disela membagikan bantuan sosial, juga menyempatkan diri untuk menghibur anak-anak di pengungsian GOR Koni tersebut. Sejumlah mainan pun diberikan kepada anak-anak di posko tersebut.

Tak lama kemudian, ia pun juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak -anak di Kota Palangka Raya yang mengalami disabilitas. Sembari memberikan , ia pun menyapa dan berdialog dengan anak-anak penerima bantuan tersebut.

Menteri Sosial RI , Tri Rismaharini saat ditemui awak media mengatakan, bahwa pihaknya menyerahkan sejumlah bantuan berupa makanan yang terdiri dari makanan anak,dan makanan harian yang disiapkan untuk kebutuhan dapur umum.

“Bantuan yang diberikan berupa makanan anak, makanan harian, yang mana disiapkan untuk kebutuhan dapur umum ,untuk memenuhu kebutuhan warga yang mengungsi, maupun nonmengungsi” kata Risma.

Besok, pihaknya berencana akan melakukan koordinasi dengan 4 Kabupaten dan 1 Kota di wilayah Kalimantan Tengah untuk membuat mapping. Dia bilang, karena ramalan BMKG di prediksi akan mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari 2022.

“Mudah-mudahan gak sampai Maret , nah kita harus persiapkan, jangan sampai ada warga yang terisolir kemudian tidak bisa mendapatkan akses makan karena aksesbilitasnya terputus, oleh karena itu, esok kita melakukan rapat dengan menyiapkan lumbung sosial, bukan lumbung pangan saja karena disitu ada perahu,ada genset yang bisa digunakan warga kalau warga mereka mengungsi dan tidak bisa lari ke tempat seperti ini” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Sosial RI beserta rombongan melanjutkan agenda mengunjungi kawasan Flamboyan Bawah dengan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Kawasan tersebut. Sejumlah paket bantuan diberikan untuk kawula muda maupun anak-anak.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here