Gunungmas, Expos55.com. Akhirnya masyarakat Gunung Mas (Gumas) bereaksi keras dengan melakukan aksi damai di Desa Tanjung Karitak, Kecamatan Sepang Kabupaten Gumas Kalimantan Tengah, tepatnya pada ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang sering dilewati angkutan over dimensi dan over loading (ODOL) Rabu, (05/01/2022).

Menurut anggota DPRD Kabupaten Gunung mas dari Partai Demokrat Untung Jaya Bangas yang turut hadir pada saat aksi mengatakan, bahwa aksi ini dilakukan oleh masyarakat karena selama ini pemerintah seakan tidak peduli dengan jalan yang rusak karena dilewati kendaraan berupa truk pengangkut batu bara, kayu dan sawit.

“Aksi ini dilakukan karena rasa sakit hati dan terjepitnya masyarakat Gumas ketika akan melewati jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, dimana hal ini sudah berlangsung sejak dua tahun yang lalu,” kata Untung.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari dulu jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, kelas jalannya cuma 3A dan hanya mampu dilewati oleh kendaraan dengan berat 8 ton. Sedangkan saat ini banyak dilewati oleh kendaraan yang melebihi kapasitas kelas jalannya. Akibatnya jarak tempuhnya pun menjadi lama, dari yang dulunya 2-3 jam, sekarang bisa lebih dari 6 jam.

“Kita semua tahu dari dulu kelas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, cuma 3A dan hanya bisa dilewati oleh angkutan seberat 8 ton, tetapi saat ini bisa¬† dilihat truk angkutan yang melewati jalan ini melebihi lebih dari 8 ton karena truk angkutannya. Hal inilah yang menyebabkan jalan rusak parah,” tegasnya.

Saya sebagai anggota DPRD Gumas sudah berupaya untuk berdialog dengan pemerintah kabupaten dan provinsi namun tidak ada tidak ditanggapi. Kami merupakan perwakilan masyarakat yang juga wakil rakyat dari Kabupaten Gumas sangat mendukung aksi ini dengan ikut menyuarakan hak-hak masyarakat Gumas agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman di jalan umum.

“Semoga pemerintah kabupaten dan provinsi bisa mewujudkan serta merealisasikan tuntutan dan keinginan masyarakat Gumas, agar aman dan nyaman menggunakan kendaraan di jalan umum,” harapnya. (Yens).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here