Tamiang Layang Expos55.com Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) 50 liter per detik yang sudah dibangun di Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah dengan maksimal untuk melayani masyarakat.

“Serah terima sudah dan sudah menjadi aset daerah. Kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ampera di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat dimaksud yakni di bidang pelayanan air bersih. Pelayanan air bersih IPA berkapasitas 50 liter per detik itu bisa mengakomodasi pelanggan di Kecamatan Dusun Tengah dan Pematang Karau.

Proyek yang diserahkan Balai Sarana Permukiman dan Air Bersih Provinsi Kalteng itu sudah dilakukan uji coba dengan fungsional hasil cukup baik. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan primer dalam rumah tangga.

Dijelaskan Ampera, air bersih saat ini menjadi kebutuhan setiap orang dalam keperluan sehari-hari. Air yang bersih dan baik juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

“Kita akan manfaatkan dan kita akan berupaya melakukan pembenahan pada pipa pendistribusian,” kata Ampera.

Usulan juga akan disampaikan orang nomor satu di Pemkab Barito Timur agar IPA serupa bisa terbangun di Desa Tampa, Kecamatan Paku yang memiliki embung atau DAM. Pemenuhan bahan bahan baku akan lebih mudah dengan memanfaatkan air di DAM Tampa.

“Ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Paku dan Karusen Janang dan sekitarnya,” kata Ampera.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Barito Timur diharapkan bisa mengelola dengan sebaik-baiknya agar air bersih bisa dirasakan manfaatnya. Masyarakat juga diharapkan bisa memanfaatkan dengan maksimal.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Balai Sarana Permukiman dan Air Bersih Provinsi Kalteng. IPA yang terbangun akan dimanfaatkan secara maksimal dalam melayani kebutuhan air bersih masyarakat,” demikian Ampera.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here