Muara Teweh Expos55.com Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 69 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan masuk Level 1.

“Syukur Alhamdulillah, berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 69 Tahun 2021, saat ini kita, Kabupaten Barito Utara masuk dalam PPKM Level 1 untuk untuk kasus yang dinyatakan positif di daerah ini juga mengalami penurunan bahkan tidak ada kasus demikian juga yang di rawat di RSUD Muara Teweh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo di Muara Teweh, Jumat.

Selain itu juga, kata Siswandoyo, dalam vaksinasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Saat ini per 22 Desember untuk vaksi dosis pertama 76,675 atau 64,37 persen sedangkan untuk vaksi dosis kedua 43,448 atau 34,36 persen.

“Mudah-mudahan nanti di akhir Desember 2021 bisa mencapai target yang ditetapkan 70 persen. Untuk saat ini vaksinasi di Kabupaten Barito Utara 64,37 persen tinggal 5,63 persen lagi,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan Barito Utara ini juga mengatakan dengan masuknya Kabupaten Barito Utara ke PPKM level 1 agar masyarakat di daerah ini tetap prioritas 5 M dan vaksinasi, jangan takut vaksin karena vaksin aman dan bisa mencegah keparahan sakit bila terjangkit COVID-19.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, walaupun pandemi COVID-19 belum usai dan memang kelihatan masih ada di beberapa Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, harus selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M utamanya.

“Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menghindari mobilitas serta yang terakhir adalah vaksinasi,” jelas dia.

Dinas Kesehatan Barito Utara sudah melakukan vaksinasi hampir setiap hari di fasilitas kesehatan, di 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Barito Utara selalu melakukan vaksinasi.

“Disentral-sentral  pelayanan kesehatan bahkan hari Sabtu dan Minggu pun kita tidak ada libur,” katanya.

Siswandoyo sangat mengapresiasi kepada para petugas kesehatan dan lainnya juga, seperti TNI/Polri, Satpol PP dan juga dari BPBD.

“Semua ini adalah atas petunjuk dan dukungan dari pimpinan,” sebut dia.

Dirinya berharap kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi karena akhir-akhir ini vaksin sudah cukup tersedia dan hampir seluruh Puskesmas mempunyai stok untuk vaksin dan kabupaten pun cukup banyak.

“Kami harapkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin dipelayanan kesehatan yang ada di wilyahnya masing-masing,” katanya.

Siswandoyo juga mengimbau kepada yang sudah melaksanakan vaksinasi harus tetap melakukan protokol kesehatan (Prokes). “Barang siapa yang usianya 12 tahun ke atas segera melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Dia  mengingatkan kepada keluarga, sanak saudara, tetangga, biasanya untuk lanjut usia yang agak susah untuk divaksinasi.
“Kami harapkan kita-kita yang sudah melaksanakan vaksinasi, tapi orang tuanya belum, tolong dibawa ke sentral-sentaral untuk melakukan vaksinasi,” pintanya.

Vaksini ini sangat aman, kualitasnya juga terjamin dengan sudah melalui beberapa uji klinis tentunya sangat baik untuk mencegah COVID-19.

“Insya Allah, kita perlu dukungan dari masyarakat dan juga tim dari Satgas COVID-19, untuk yang sekarang ini memobilisasi sangat susah dari masyarakat untuk yang di vaksin,” ujar Siswandoyo.

Bupati Barito Utara Nadalsyah meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat agar target vaksinasi daerah ini dalam sepekan lagi yang ditetapkan 70 persen pada 2021 agar tercapai.

“Tinggal enam hari lagi, saat ini telah tercapai 64,37 persen, tinggal 5,63 persen lagi,” kata Nadalsyah.(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here