Expos55.com Palangka Raya – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan monitoring aktifitas jasa parkir di sejumlah titik kota setempat.
“Dalam monitoring ini personil dari dishub melihat secara langsung pelayanan parkir yang dilakukan pengelola. Termasuk mendata jumlah pendapatan pengelola parkir di tengah pandemi covid-19,”ungkapnya, Minggu (6/9/2020).

Menurut Alman, tujuan akhir dari kegiatan monitoring tersebut, selain mendorong pengelola parkir menerapkan layanan perpakiran yang lebih baik, disisi lain sebagai upaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi parkir.

Kembali terkait kegiatan monitoring perparkiran tersebut, maka pihaknya ungkap Alman, berkesempatan menyerahkan surat izin kontrak parkir kepada pengelola parkir, yang jauh sebelumnya sudah melakukan pengurusan. Selain itu diserahkan pula sejumlah surat tunggakan kontrak izin parkir kepada pengelola parkir.

“Cara yang kami lakukan ini merupakan bentuk sinergitas, sekaligus kepedulian pihak dishub dalam memberikan layanan perizinan dengan cara jemput bola,”bebernya.

Ungkap Alman, melalui pola jemput bola dalam hal pelayanan perizinan bagi pengelola parkir, maka setidaknya menjadi bagian dari upaya dishub untuk mengoptimalkan target PAD dari sektor retribusi jasa perparkiran.

“Iya, pada triwulan ketiga ini serapan retribusi dari parkir masih rendah. Ini diakibatkan dampak dari pandemi covid-19, dimana operasional tempat jasa parkir ikut terpengaruh,”tukasnya.

Selebihnya Alman berharap, sejalan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diiringi program recovery ekonomi atau pemulihan ekonomi, maka tempat-tempat jasa parkir dapat menggeliat kembali sehingga berdampak pada peningkatan retribusi parkir. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here