Palangka Raya Expos55.com  Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Rawang mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal menjaga stabilitas harga bahan pokok (Bapok), baik menjelang Natal maupun menyambut Tahun Baru.

Dikatakan, salah satu langkah menjaga stabiltas bahan pokok tersebut diantaranya menyiapkan langkah operasi pasar yang akan menyasar pada lima kecamatan di Ibu Kota Palangka Raya.

Langkah berikutnya yakni memastikan distribusi bahan pokok, yang diimbangi dengan pemantauan pasokan barang di pasaran.

“Pengawasan ini penting guna mencegah adanya potensi penimbunan yang menyebabkan kelangkaan pasokan bahan pokok di pasaran,” tukas Rawang, Selasa (30/11/2021).

Terlepas dari itu sambung Rawang, hingga saat ini ketersediaan maupun harga komoditas bahan pokok di pasar yang ada di Kota Palangka Raya masih relatif stabil.

Sebut saja harga beras, dimana berdasarkan data DPKUKMP berada di kisaran Rp10 ribu-15 ribu per kilogram untuk sejumlah jenis beras. Gula pasir Rp12 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan mulai Rp20 ribu per liter dan minyak goreng curah Rp14 ribu per liter.

Selain itu sejumlah komoditas bahan pangan ada yang mengalami penurunan yakni daging ayam brioler dari Rp38 ribu menjadi Rp37ribu perkilo gram, telur ayam broiler Rp1.900 menjadi Rp1.800 per butir dan bawang merah Rp28ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga terjadi pada cabe dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram. “Secara umum harga kebutuhan bahan pokok lain yang ada di pasaran masih cenderung masih stabil,”pungkas Rawang.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here