Banjarmasin Expos55.com Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel mengadakan Gowes Ontel Joeang di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin.

Pelepasan peserta gowes dilakukan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengajak segenap komponen masyarakat untuk melestarikan olahraga bernilai sejarah kepahlawanan.

“Kami mengajak segenap masyarakat dan komunitas sepeda dapat melestarikan olahraga benila sejarah,” kata Sahbirin, Sabtu (13/11/2021).

Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan untuk perjuangan para pahlawan yang telah berkorban banyak demi kemerdekaan bangsa.

“Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Betapa luar biasa pahlawan dan pejuang kita yang telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, perasaan dan bahkan nyawa untuk kepentingan bangsa,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan gowes dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ini dapat menjadi teladan untuk generasi penerus bangsa.

“Saat ini kita sedang menghadapi pandemi COVID-19. Kita butuh gotong royong, kerja sama serta tolong menolong, seperti yang dilakukan para pahlawan kita di masa yang lalu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Provinsi Kalsel, Mohamad Ary mengatakan kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Tahun 2009, dimana seluruh fasilitas didukung Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel.

“Hari ini 100 anggota yang hadir dari Pelaihari, Banjarbaru, dan Banjarmasin,” katanya.

Adapun rute kegiatan gowes hari ini dimulai dari titik 0 Kilometer, dan akan melewati tempat-tempat yang bersejarah bagi perjuangan para pahlawan Bumi Lambung Mangkurat yaitu Monumen 9 November dan Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, yang juga merupakan makam Brigjen Hasan Basry.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here