Kuala Pembuang Expos55.com Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat harus bisa menyiapkan perencanaan program pertanian dengan matang serta melaksanakan secara optimal.

“Jadi, kami harapkan dimulai dengan perencanaan program yang matang dulu,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Rabu.

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan atau pencapaian hasil akhir sesuai dengan yang dikehendaki. Setelah semua perencanaan dilakukan dengan matang, maka akan mudah merealisasikan di lapangan karena ada dasar untuk melaksanakan program yang direncanakan.

Kemudian, hal lain yang juga harus dimaksimalkan yakni menjalankan perencanaan yang dibuat dengan sebaik-baiknya agar selaras untuk kemajuan pertanian di Bumi Gawi Hantantiring.

“Sehingga dengan begitu bisa saling berkesinambungan mulai dari perencanaan yang matang dan pelaksanaannya di lapangan,” jelasnya.

Sebagaimana yang diketahui di tengah pandemi COVID-19 saat ini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya dalam program ketahanan pangan dan kedaulatan pangan nasional. Hal tersebut dilakukan guna menunjang perekonomian Negara.

“Inilah mengapa perencanaan dan pelaksanaan program itu harus dilakukan sebaik mungkin, baik program bantuan cetak sawah, perbaikan saluran irigasi, batuan alat mesin pertanian (alsintan) dan lainnya,” tambahnya.

Disamping itu, lahan perkebunan maupun pertanian masyarakat di Seruyan masih terhampar luas dan sangat potensial. Hal ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di sektor pertanian.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, untuk meningkatkan sektor pertanian di Seruyan perlu dukungan dari masyarakat khususnya petani, karena majunya pertanian ada di tangan petani itu sendiri.

“Kalau pemerintahnya sudah maksimal dalam memajukan pertanian di Seruyan tapi petaninya kurang maksimal tentu hal ini akan sangat sulit diwujudkan. Makanya perlu ada kerja sama yang baik,” demikian Bejo.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here