Palangka Raya Expos55.com Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Wahid Yusuf mendukung langkah yang dilakukan Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) kota setempat, mengawasi masuknya radikalisme.

“Hal-hal seperti ini harus kita dukung, karena apa yang dikhawatirkan Tim Pakem ini kemungkinan bisa terjadi. Maka harus diantisipasi sejak dini,” katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, memang selama ini Palangka Raya tampak tenang dan aman, tidak ada aliran atau kepercayaan yang dapat melahirkan bibit-bibit radikalisme.

Namun apabila tidak dideteksi sejak dini oleh Tim Pakem, dikhawatirkan bibit-bibit radikalisme tersebut akan muncul saat momen-momen tertentu.

“Seperti saat pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024, dengan dalil-dalil adu domba antar masyarakat yang bisa mengacaukan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam pengawasan persoalan tersebut, Tim Pakem tidak bisa bekerja sendiri dan harus melibatkan pemangku kepentingan dan masyarakat.

Melalui kerja sama dengan masyarakat, maka informasi terkait bibit radikalisme yang akan muncul dapat diantisipasi sedini mungkin.

Sebelumnya Tim Pakem Kota Palangka Raya beberapa hari yang lalu melaksanakan rapat bersama sejumlah instansi, guna membahas persoalan tersebut.

Wakil Ketua Tim Pakem Palangka Raya yang juga menjabat Kasi Intel Kejaksaan Negeri setempat Januar Hapriansyah menuturkan, dalam rapat itu mereka bertukar pikiran dan saling memberi masukan untuk mengantisipasi radikalisme.

“Setidaknya antisipasi yang dilakukan juga sudah jalan, semoga saja apa yang kita khawatirkan bisa diredam sedini mungkin,” tandasnya.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here