Palangka Raya Expos55.com Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Tantawi Jauhari mendukung rencana pemerintah kota setempat untuk merelokasi pedagang kaki lima (KPL) yang selama ini berjualan di jalan utama perkotaan setempat.

“Penertiban sudah menjadi kewajiban sesuai Peraturan Daerah ┬áNomor 4 Tahun 2013 Tentang Pengaturan Penertiban dan Pengawasan Pedagang Kreatif Lapangan,” kata Tantawi di Palangka Raya, Jumat.

Dia menegaskan, para PKL diminta patuh apabila sudah ada aturan terkait penataan tersebut. DPRD juga sangat mendukung pemkot untuk menertibkan, apabila ada PKL yang melanggar aturan.

Meski demikian dalam imbauan ataupun relokasi yang disampaikan, pihaknya berharap pemkot dapat melakukannya dengan persuasif. Pendekatan harus dilakukan dengan baik dan ramah terhadap pedagang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Apabila dilakukan relokasi, sampaikan lah secara utuh kepada para pedagang agar mereka mengetahui di mana fasilitas yang disediakan. Apabila dikenakan biaya sewa, tentunya masih harus dalam batas kewajaran,” bebernya.

Anggota Komisi A yang membidangi Pemerintahan dan Keuangan itu juga menambahkan, penegakan Perda Ketertiban Umum tetap harus ditegakkan sesuai aturan, karena trotoar bukan untuk berjualan.

Aturan tersebut juga harus ditegakkan secara adil dan masif, agar tidak muncul stigma tebang pilih yang dilakukan oleh penegak peraturan daerah.

“Jangan sampai terjadi tebang pilih, apalagi di atas trotoar tersebut tidak diperbolehkan berjualan itu bukan tempatnya. Saya rasa, para pedagang dapat memakluminya, karena apa yang kami lakukan berdasarkan aturan yang berlaku di daerah setempat,” demikian Tantawi.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, masih banyak para pedagang yang berjualan di trotoar sepanjang Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya trotoar.

Sampai saat ini belum ada dilakukan penertiban sama sekali, meski informasinya sudah dilakukan sosialisasi terhadap PKL setempat oleh instansi yang berwenang.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here