Kasongan Expos55.com Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono mengingatkan perkumpulan petani rotan di Katingan (PPRK) agar memacu dan mengembangkan potensi usaha rotan di daerah.

“Perkembangan rotan di Indonesia terutama di Katingan bisa dimaksimalkan dan diprioritaskan pengembangannya. Misalnya, jaminan bahan baku produk dan desain,” Katanya, Minggu (20/3/2022).

Ia mengakui, kemajuan teknologi pengolahan rotan, himpunan petani rotan dan sumber daya manusia (SDM) sudah diterapkan sebagian kelompok rotan. Namun, hal-hal yang sangat penting adalah pemasaran dan media promosinya.

” Saya mendorong pengurus PPRK setempat bersama anggotanya supaya tetap kuat dalam melaksanakan program dan agenda dalam rotan, ” Mintanya.

Politisi dari Partai Golkar ini menekankan, semua ini demi memajukan rotan di daerah. Kemudian, kemajuan prioritas perencanaan dalam pemberdayaan rotan yang lebih sejahtera. Himpunan ini dituntut mampu meningkatkan kualitas rotan dalam pemanfaatan yang berkesinambungan.

Kendati demikian, yang tidak kalah urgensinya perlu kerja sama yang baik dengan pemerintah kabupaten, seperti dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat.

” Wilayah yang memiliki semboyan Bumi Penyang Hinje Simpei ini memiliki potensi rotan yang cukup melimpah. Namun, komoditas ini masih perlu upaya pemasaran dan eksploitasi sumber daya alam ini memang masih menjadi mata pencaharian masyarakat, ” Tandasnya.
(KT/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here