Sampit Expos55.com Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Muhammad Kurniawan Anwar mengingatkan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk mengantisipasi sejak dini lonjakan pemudik Lebaran Idul Fitri 2022 agar tidak sampai terjadi penumpukan di Pelabuhan.

Menurut Kurniawan, Antisipasi lonjakan penumpang perlu dilakukan karena tahun ini jumlah pemudik diperkirakan meningkat signifikan. Hal itu lantaran pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat melaksanakan mudik lebaran.

“Dalam hal ini kami ingatkan PT Pelni dan PT. DLU diharapkan bisa mengantisipasi agenda mudik lebaran, dari kesiapan kapal hingga petugas yang beraktivitas. PT Pelindo Sampit juga harus mampu memberikan pelayanan prima dan selalu ingatkan tetap taat protokol kesehatan,” kata Kurniawan di Sampit, Kamis 31 Maret 2022.

Antisipasi harus dilakukan di semua modal transportasi. Kesiapan di Pelabuhan Sampit, Bandara Haji Asan Sampit dan Terminal Patih Tumbuh harus dilakukan dengan optimal demi pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Secara khusus Kurniawan menyoroti penyelenggaraan mudik lebaran melalui Pelabuhan Sampit. Biasanya, jalur ini yang paling diminati pemudik yang akan pulang kampung menyeberangi laut menuju Semarang maupun Surabaya.

Untuk itulah Kurniawan mengingatkan agar semua dipersiapkan dengan baik. Penumpukan penumpang diharapkan bisa dicegah. Kapal laut yang disiapkan oleh PT Pelni dan PT. Dharma Lautan Utama diharapkan mencukupi.

PT Pelindo juga diharapkan mempersiapkan fasilitas yang memadai di pelabuhan demi kenyamanan penumpang. Sarana penerapan protokol kesehatan juga wajib tetap disiapkan sesuai aturan untuk pencegahan penularan COVID-19.
(KT/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here