Palangka Raya Expos55.com Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengungkapkan, pemerintah kota (Pemko) setempat sejauh ini terus mendorong upaya mewujudkan program merdeka listrik.

“Upaya mewujudkan Palangka Raya merdeka listrik terus digenjot. Terutama melalui instansi terkait yakni Bappeda, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Bagian Ekonomi Sumber Daya Alam,” ungkapnya, Kamis (2/12/2021).

Lebih jauh Hera mengatakan, secara umum infrastruktur kelistrikan di wilayah Kota Palangka Raya sudah tembus atau teraliri. Hanya saja tidak menyeluruh. Terutama pada wilayah tertentu. Terlebih seiring semakin berkembangnya pemukiman warga pada berbagai kawasan pinggiran kota.

Disisi lain, Pemko Palangka Raya setiap tahunnya selalu mengusulkan kebutuhan listrik kepada Pemprov Kalteng dan pemerintah pusat. Terutama melalui tokoh-tokoh perwakilan Kalteng untuk menyuarakan agar Palangka Raya mendapatkan alokasi kebutuhan listrik.

“Utamanya di daerah Kecamatan Rakumpit yang belum teraliri listrik. Selain itu kebutuhan listrik juga masih diperlukan di tengah-tengah perkotaan. Khususnya sarana Penerangan Jalan Umum (PJU), yang sejauh ini sangat diperlukan masyarakat,”beber Hera.

Terlepas dari itu sambung dia, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin sangat berkomitmen dalam melaksanakan program kelistrikan tersebut.

“Wali kota ingin semua wilayah kecamatan sudah merdeka listrik. Selain itu beliau ingin penerangan jalan kota dalam kondisi terang benderang,”ujarnya.

“Tahun depan bahkan direncanakan akan ada pengadaan tiang listrik angle wing untuk penerangan sekaligus keindahan kota,”tambah Hera.

Diungkapkan, apa bila seluruh wilayah Kota Palangka Raya sudah terjangkau utilitas listrik tersebut, maka akan berdampak luas. Terutama mendukung kelancaran sarana pendidikan, sosial, budaya dan utamanya perekonomian akan meningkat.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here